Komisioner saat melakukan rapat di kantor KPU Kota Batu tahun 2019 silam. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Komisioner saat melakukan rapat di kantor KPU Kota Batu tahun 2019 silam. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Salah satu aset gedung Pemerintah Kota (Pemkot) Batu yakni kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Raya Tlekung, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, direncananya menjadi tempat uji kir kendaraan.

Dengan adanya wacana tersebut, tentunya KPU Kota Batu mulai ancang-ancang untuk mencari tempat penggantinya. “Pemkot Batu sudah menawarkan tempat sebagai gantinya,” kata Divisi Humas KPU Kota Batu, Marlina.

Baca Juga : Pemkot Batu Gelontorkan Rp 4,5 Miliar untuk Bedah Rumah

Alternatif tempat yang ditawarkan itu yakni satu lokasi dengan kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawasalu) Kota Batu yang berada di Jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. “Wacana itu memang ada, Pemkot Batu menawarkan kami tempat lain sebagai gantinya satu tempat dengan Bawaslu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, gedung KPU Kota Batu saat ini dirasa sudah representatif. Lantaran lokasinya yang strategis dan lahannya cukup luas. Sehingga dengan adanya wacana tersebut, tentunya KPU Kota Batu juga menginginkan hal yang sama, yakni di tempatkan pada area yang representatif dan luas.

“Karena kalau ada agenda bersama partai politik biasanya mendatangkan massa cukup banyak. Jadi membutuhkan lahan yang luas. Lalu tempat representatif dibutuhkan karena diperlukan untuk menyimpan data logistik,” imbuhnya.

Selain itu KPU Kota Batu juga menginginkan kantor yang definitif. Supaya jika terdapat tanah hibah bisa membangun kantor definitif.

Baca Juga : Siap-Siap, Mau Adukan Layanan Air Perumda Tugu Tirta Kota Malang Bisa Online Lho

“Ketika itu tanah hibah, kami bisa mengajukan surat kepada KPU RI. Tentunya untuk mengajukan bantuan untuk pembangunan kantor definitif,” tutup Marlina.

Sementara itu, hadirnya tempat uji kir sangat dinantikan oleh masyarakat Kota Batu. Diketahui  selama ini pemilik kendaraan angkutan umum di Kota Batu terpaksa harus melakukan uji kir atau pengujian kendaraan bermotor ke Kabupaten Pasuruan.