Nampak mobil patroli petugas menghadang sekeliling pemuda yang kuat dugaan akan melakukan balap liar (Ist)
Nampak mobil patroli petugas menghadang sekeliling pemuda yang kuat dugaan akan melakukan balap liar (Ist)

MALANGTIMES - Tak jera, pelaku balap liar di kawasan Jalan Ciliwung yang dahulu pernah dilakukan penertiban pada 26 Juli 2020, malam tadi sekitar pukul 01.00 wib kembali terdeteksi akan menggelar balap liar.

Aksi tersebut kemudian berhasil digagalkan pihak kepolisian yang kemudian langsung menerjunkan personel yang membawa dua mobil dengan dua motor patwal.

Baca Juga : Maling Hp di Polehan Tertangkap Warga, Pelaku Nyaris Dihakimi Massa

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution membenarkan adanya pengamanan dan penertiban kendaraan dan pelaku yang diduga akan melakukan balap liar.

"Ya kami dapat informasi dari masyarakat yang melaporkan melalui aplikasi Jogo Malang, langsung kami tindaklanjuti," bebernya, Minggu, (6/9/2020).

Saat petugas tiba di sana, para pemuda tersebut masih belum melakukan aksinya dan masih tengah bersiap di pinggiran jalan mengecek kendaraannya. Namun karena dari gelagatnya akan melakukan balap liar, selanjutnya dilakukan tindakan oleh petugas.

"Dari penertiban itu diamankan empat kendaraan dan empat pengemudinya untuk dimintai keterangan. Selain itu, ada juga kendaraan yang terkena tilang. Kalau tilang ada tujuh kendaraan," terangnya.

Empat kendaraan yang disita tersebut, dijelaskan Kasat Lantas, selain karena ada yang telah dimodifikasi di luar standar pabrik, juga tidak dilengkapi dokumen kendaraan seperti STNK.

"Empat kendaraan memang nggak ada STNK, makanya kita amankan. Kalau yang kendaraan yang ditilang itu, ada STNK, cuman ada pelanggaran," bebernya.

Baca Juga : Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku Penembakan di ATM Mandiri Kota Malang

Sementara itu, untuk temuan lainnya terkait penggunaan narkoba ataupun menenggak minuman keras oleh para pemuda tersebut, petugas tidak mendapatinya.

"Saat kita periksa barang-barangnya nggak ada temuan yang mencurigakan, baik itu indikasi judi, narkoba dan yang lainnya," ungkap Rama, sapaan akrab Kasat Lantas Polresta Malang Kota ini.

Untuk mengambil kendaraan yang diamankan petugas, para pemuda tersebut harus melengkapi kelengkapan surat-surat kendaran maupun mengembalikan kondisi kendaraan sesuai standar pabrik.

"Untuk mengambilnya nanti harus sidang dulu, setelah itu baru kemudian melengkapi persyaratan teknis dan baru bisa diambil. Saat ini kendaraannya kita amankan di unit tilang," pungkasnya.