Maling hp yang diamankan warga usai melakukan aksi pencurian (Ist)
Maling hp yang diamankan warga usai melakukan aksi pencurian (Ist)

MALANGTIMES - Seorang pemuda tertangkap warga beraksi mencuri hp di sebuah rumah di kawasan RT 2 RW 2, Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

 

Pemuda tersebut, mencuri hp di sebuah rumah nomor 17 milik Mulyadi (46) warga RT 2 RW 2, Kelurahan Polehan, Blimbing, Kota Malang. Saat itu Mulyadi, mengetahui aksi tersangka setelah ia sepintas melihat bayangan seseorang yang usai masuk rumahnya.

Baca Juga : Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku Penembakan di ATM Mandiri Kota Malang

 

"Saya pas menata bantal dalam kamar. Kan kamarnya sejajar dengan pintu masuk. Setelah itu saya menengok sepintas seperti melihat bayangan. Saya kemudian langsung keluar rumah untuk mengejar orang yang sepintas terlihat baru masuk rumah itu," jelasnya, saat ditemui di kediamannya, Sabtu (5/9/2020).

Saat itu, ia belum menyadari jika hp miliknya yang sebelumnya diletakkan di atas rak dekat ruang tamu telah diambil oleh pemuda tersebut. Ia mengejar pelaku lantaran curiga dengan aksinya yang ia ketahui sepintas sempat masuk rumahnya.

"Jadi awalnya saya belum sadar kalau hp saya ini diambil. Setelah itu saya kejar, saya tanya ngapain kamu. Dia lantas buang hp saya itu, di situ saya baru tau kalau hp diambil," bebernya.

Mengetahui pemuda tersebut membuang hp, Mulyadi kemudian spontan meneriaki pemuda tersebut maling. Tak menunggu lama, pemuda tersebut langsung kabur bersama satu orang rekannya.

"Saya teriaki maling, dia ternyata ada dua orang langsung kabur. Namun satu orang kemudian berhasil ditangkap warga di depan dan satunya berhasil kabur," jelasnya.

Saat tertangkap oleh warga, pemuda tersebut mengaku berasal dari Kebalen. Warga yang menangkap pelaku, sempat geram dengan aksinya. Namun beruntung saat itu warga masih bisa meredam emosinya, sehingga pelaku tidak menjadi bulan-bulanan massa.

"Sebelum masuk rumah saya, ternyata sempat juga mau masuk rumah tetangga. Sama tetangga ditanya, mau kemana, alasannya mau ke jalan Juanda. Setelah itu pelaku kembali jalan ke arah rumah saya," ungkapnya.

Baca Juga : Emosi, Video Ibu Sabet Anak Pakai Selang Saat Ajari Matematika Viral

 

Setelah tertangkap oleh warga, Mulyadi kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Saat itu, ia melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kedungkandang. Namun karena wilayah hukumnya masuk Polsek Blimbing, kemudian kasusnya dialihkan dan pelaku sementara diamankan di Polsek Kedungkandang.

Kebetulan, saat pelaku diamankan sementara di Polsek Kedungkandang, terdapat seorang anak dan ibu yang akan melaporkan kasus kehilangan hp yang dijambret. Di situ tak sengaja jika pelaku yang diamankan merupakan pelaku yang menjambret hp seorang anak yang diketahui warga kawasan Velodrome tersebut.

"Tapi pas saya ke Polsek Kedungkandang, di sana ada anak sama ibunya mau laporan penjambretan. La pas pelaku dibawa kesana, orang yang di jambret  ini mengenali pelaku. Pelaku ini ternyata yang merampas hp-nya. Pelaku sebelumnya sempat papasan sama korban ini, kemudian hpnya dikasihkan lagi ke korban setelah itu pelaku sempat kabur namun jatuh. Kemudian masih sempat kabur ke gang sini (TKP pencurian di Polehan), di sini malah beraksi mencuri lagi," jelasnya.

Sementara itu, saat ini pelaku masih diamankan pihak kepolisian. Satu rekan pelaku saat ini juga masih dalam pengejaran dan telah diketahui identitasnya.