Pilkada 2020 (foto:  BeritaSatu.com)
Pilkada 2020 (foto: BeritaSatu.com)

MALANGTIMES - Jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, seluruh calon harus melakukan berbagai persiapan. Saat ini para calon kepala daerah berserta calon wakilnya telah memasuki tahapan pendaftaran.  

Berbeda dari pilkada-pilkada sebelumnya, pilkada tahun ini tetap digelar di tengah pandemi covid-19.   Rencananya pilkada Serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang.  

Baca Juga : Video Calon Bupati Halmahera Timur Orasi Usai Daftar di KPU, Jatuh dan Dinyatakan Meninggal

Namun, diketahui beberapa calon yang akan bertarung saat ini justru dinyatakan terpapar virus covid-19.  

Lantas calon kepala daerah mana saja yang dinyatakan positif covid-19?  Berikut rangkumannya: 

1. Calon Wali Kota Binjai

Calon Wali Kota Binjai, Sumatera Utara, Lisa Andriani dinyatakan positif covid-19.  Diketahui, ia sempat hadir ke KPU Binjai untuk mendaftarkan dirinya sebagai cawalkot berpasangan dengan Sapta Bangun.  

Keduanya datang ke KPU Binjai pada Jumat (4/9/2020).  Selesai mendaftar, Lisa pun pamit lantaran mengaku tidak enak badan.

Menurut komisioner KPU Binjai Robby Effendi, Lisa memang telah menunggu hasil swab test.   Namun saat itu, hasilnya memang belum keluar. Sehingga KPU masih belum menerima pendaftaran Lisa sebagai cawalkot lantaran belum menyertakan hasil swab test tersebut.  

Lalu Robby mengatakan tak lama kemudian hasil tersebut diterima KPU Binjai dan hasilnya positif. "Betul. Suratnya datang, kami buka positif. Ya berarti keterangan swab dari pasangan calon sudah lengkap," ujar Robby.  

2. Calon Bupati Solok Selatan

Calon Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas juga dinyatakan positif covid-19. Diketahui, saat pendaftaran ke KPU Kabupaten Solok Selatan, Khairunas tidak hadir karena sedang menjalani isolasi mandiri.  

Dikatakan oleh pasangannya,  calon wakil bupati Yulian Efi, keduanya memang sempat datang ke Jakarta pada 23 dan 24 Agustus untuk mengurus rekomendasi partai.   Keduanya lantas kembali ke Padang pada Rabu (2/9/2020).  

Lalu Jumat (4/9/2020) Khairunas telah melakukan swab tes ulang dan berharap hasilnya negatif. Namun, kondisi Khairunas saat ini dikabarkan dalam kondisi bugar dan tak merasakan gelaja apa pun.

3. Calon Bupati Rokan Hilir

Calon Bupati Rokan Hilir (Rohil) Suyatno juga menjadi salah satu calon yang terpapar covid-19.  

"Kemarin baru satu pasangan bakal calon bupati Rohil yang mendaftar, yakni Suyatno-Jamiludin," ujar Ketua KPU Rohil Supriayanto.  

Baca Juga : Awal Bulan, Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Tembus 765 Kasus

Supriyanto lantas menjelaskan bahwa Suyanto melakukan konfirmasi jika dirinya terpapar covid-19 secara virtual.  

4. Calon Bupati Lampung Selatan

Bakal calon bupati Lampung Selatan Antoni Imam dinyatakan positif covid-19 dan telah menjalani isolasi mandiri.  

Ia mengumumkan secara langsung hasil tes covid-19 melalui akun Facebook-nya pada Sabtu (5/9/2020).   "Alhamdulillah kondisi saya sehat dan masih bisa beraktivitas seperti biasa. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri, tidak perlu dirawat di rumah sakit," kata Antoni.

5. Calon Wakil Bupati Klaten

Bakal calon wakil Bupati Klaten Muhammad Fajri dinyatakan positif covid-19.  Akibatnya, calon bupati Klaten One Krisnata mendaftar tak ditemani wakilnya.  

Kendati demikian, disampaikan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten Syamsul Huda, berkas pasangan One-Fajri dinyatakan lengkap.  Fajri saat ini ada di Solo. 

6. Calon Wakil Bupati Dompu NTB

Calon Wakil Bupati Dompu, NTB, berinisial IR dinyatakan positif oleh Satgas Covid-19 NTB pada Jumat (4/9/2020).   Setelah dinyatakan positif, IR diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.   Tim medis juga akan memantau perkembangan kesehatan IR.  

Sementara dikabarkan jika IR bersama calon bupati Dompu H Syaifurahman akan mendaftar ke KPU Dompu hari ini.