Gambar menu latihan soal uji teori dalam aplikasi Jogo Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Gambar menu latihan soal uji teori dalam aplikasi Jogo Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan hal yang remeh bagi banyak orang. Tak jarang, mereka kesulitan ketika mengerjakan ujian teori dalam proses mendapatkan SIM, baik SIM A maupun SIM C. Bahkan, tak sedikit yang gagal dalam proses ujian tersebut. 

Hal ini lantaran masih banyak yang belum memahami aturan atau belum mempelajari rambu tentang lalu lintas. Nah, berkaitan tentang itu, warga sebenarnya bisa belajar dulu.

Baca Juga : Uji Materi UU Penyiaran Tuai Polemik, Jessica Tanoesoedibjo Bicara Masalah Nasionalisme

 

Ada menu dalam aplikasi Jogo Malang, milik Polresta Malang Kota ini dapat membantu para masyarakat yang akan mengurus SIM dan menghadapi ujian teori.

"Iya didalam aplikasi Jogo Malang ada memang latihan uji soal teori," ujar Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution, Sabtu, (5/9/2020).

Lebih lanjut dijelaskannya, jika hal ini juga menjawab pertanyaan masyarakat yang sebelumnya mempertanyakan terkait latihan uji teori. Sebab, diibaratkan jika sebelum melakukan ujian, tentunya identik dengan belajar atau latihan terlebih dahulu. Dari situ, adanya latihan soal uji teori ini menjawab pertanyaan masyarakat.

"Ya banyak yang bertanya. Kan sebelum ujian itu ada proses belajar atau latihan dulu, makanya di situ hadir latihan soal," ungkapnya.

Meskipun latihan soal uji teori dalam aplikasi Jogo Malang juga membahas berbagai macam aturan dan rambu lalu lintas, tak serta merta soal dalam ujian teori asli dalam kepengurusan SIM sama persis dengan soal uji teori. Dijelaskan Kasat, jika uji teori asli tetap berbeda dengan latihan soal uji teori dalam aplikasi.

"Tidak sama persis, tapi ada yang mirip-mirip hal agar masyarakat bisa lebih belajar lagi dan nantinya benar-benar memahami mengenai aturan dan rambu lalu lintas," bebernya.

Baca Juga : Uji Materi UU Penyiaran Tuai Polemik, Jessica Tanoesoedibjo Bicara Masalah Nasionalisme

 

Sementara itu, untuk mengakses aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendownload aplikasi Jogo Malang dan kemudian mendaftarkan diri dengan identitas asli. Setelah mendaftar, masyarakat bisa mengakses menu layanan kepolisian.

Di aplikasi itu tersedia banyak layanan publik kepolisian. Setelah itu, pilih menu layanan Satlantas. Di situ pilih lagi menu latihan soal uji teori. Kemudian pilih lagi jenis SIM yang akan dicari untuk menyesuaikan soal yang akan tampil pada layar aplikasi.

"Soal tersebut akan acak, sehingga setiap kali latihan tidak sama, baik soal maupun urutannya," bebernya.

Pada aplikasi, setelah memilih jenis SIM, pengguna akan disuguhi 30 soal yang harus dijawab selama 20 menit. Setelah selesai menjawab 30 soal tersebut, akan muncul penilaian yang menyatakan apakah anda lulus atau tidak.