Sudah Ready di Indonesia, Berikut Detail dan Fitur Canggih Yamaha MT-07 dan MT-09

Sep 04, 2020 16:00
Yamaha MT-07 dan MT-09 (Foto: halloindo.com)
Yamaha MT-07 dan MT-09 (Foto: halloindo.com)

MALANGTIMES - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah resmi meluncurkan dua motor terbarunya yakni CBU MT-07 dan MT-09 versi 2020, Jumat (28/8/2020).

Kini, kedua motor tersebut sudah tersedia di Indonesia. Berbagai keunggulan MT-07 dan MT-09 dihadirkan Yamaha untuk konsumen.  

Baca Juga : Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik yang Bertabur Inovasi, Harganya Rp 449 Juta

Salah satunya yakni mesinnya yang dibangun dengan teknologi “Crossplane Crankshaft Concept” yang menghasilkan tenaga dan performa maksimal.

MT-09 ini sudah dilepangkapi fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang membuat motor tersebut memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan keinginan riding pengendara.  

Kedua motor tersebut kabarnya akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui dealer resmi CBU Yamaha.  

Sementara untuk harga, MT-07 dibanderol senilai Rp 243 juta, sedangkan MT-09 senilai Rp 290 juta.  

Lalu untuk pilihan warna MT-07 dan Mt-09 tersedia pilihan warna yakni Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black.

Untuk spesifikasi MT-07 memiliki 2 silinder inline berjenis Crossplane dengan ukuran 689 CC. Dilengkapi teknologi berpendingin cairan dan mampu menghasilkan Torsi Maksimal hingga 68 Nm pada 6500 RPM dengan total 73,7 Horse Power.

Sementara Yamaha MT-09 bermesin 847cc dan sudah dilengkapi fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang menjadikan motor memiliki kemampuan dapat menyesuaikan dengan keinginan riding pengendara.

Berikut fitur canggih yang ada di MT-07 dan MT-09: 

1. Crossplane Crankshaft  

MT-09 dan MT-07 hadir dengan crossplane crankshaft yakni teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP).  

2. D-Mode

Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan. Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan.

3. Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT)  

Baca Juga : Wow, Seorang Pria Desa Badang Ciptakan Motor Batman, Bagaimana Bentuknya?

Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi.

4. Quick Shift System (QSS)

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.  

5. Assist & Slipper Clutch

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan). 

6. Traction Control System (TCS) Sistem yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi, yang terdapat pada MT-09.  

7. Antilock Braking System

Daya rem maksimal dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada MT-09 dan MT-07 membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman.  

8. Upside Down Suspension Full Adjustable  

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah. 

 

Topik
Yamaha

Berita Lainnya

Berita

Terbaru