Malangtimes

Rektor UIN Malang Minta Maba Pascasarjana Siapkan Tesis dan Disertasi Sejak Dini

Sep 02, 2020 16:30
Foto bersama dalam Orientasi Program Studi Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Semester Ganjil 2020-2021. (Foto: Ima/MalangTIMES)
Foto bersama dalam Orientasi Program Studi Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Semester Ganjil 2020-2021. (Foto: Ima/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Salah satu kendala mahasiswa pascasarjana yang tak kunjung lulus adalah terhambat di tahap akhir perkuliahan, yaitu tesis dan disertasi. 

Nah, menghindari banyaknya mahasiswa yang telat lulus atau bahkan berakhir drop out ini, Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) Prof Dr Abdul Haris MAg, meminta kepada para mahasiswa baru di program pascasarjana UIN Malang untuk menyiapkan tesis dan disertasi sejak awal.

Baca Juga : Tumbuhkan Cinta Budaya Luhur Lokal, Disdikbud Bukukan Artikel Sejarah Kota Malang

"Saya minta saudara-saudara yang berada di program magister maupun doktor supaya sejak awal menyiapkan tulisan yang menjadi prasyarat atau syarat untuk kelulusan, yaitu tesis dan disertasi," ucapnya.

Hal ini disampaikannya dalam Orientasi Program Studi Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Semester Ganjil 2020-2021, Rabu (2/9/2020).

Prof Haris meminta mahasiswa baru untuk mulai menata niat dan merencanakan segalanya sejak awal studi. Sebab ia melihat bahwa 80 persen mahasiswa tidak bisa menyelesaikan studinya lantaran sering terhambat di tahap akhir perkuliahan. Yakni, tahap penyusunan tugas akhir seperti tesis bagi mahasiswa magister dan disertasi bagi program doktor.

Perencanaan ini bisa dilakukan dengan mulai mencari bidang dan tema yang ingin ia teliti untuk tesis dan disertasinya. Dengan persiapan lebih awal, maka mahasiswa tidak akan kelelahan di akhir karena tanggungan yang menumpuk.

"Saya mewanti-wanti kepada direktur jangan sampai ada mahasiswa yang gagal studinya. Itu dosa besar tak hanya bagi mahasiswa tapi juga kita karena tidak mampu membantu mahasiswa supaya sukses," lugas rektor kelahiran Lamongan itu.

Ia pun berpesan kepada jajaran dosen di Pascasarjana untuk meluangkan waktu bagi mahasiswa. Terutama yang berkaitan dengan penyusunan tugas akhir. Dosen bertugas mengarahkan mahasiswa untuk merencanakan dan melakukan riset dengan tepat.

Baca Juga : Prioritaskan Keselamatan, Rektor UIN Malang Lakukan Sterilisasi Kampus

"Saya yakin, semua kendala akan teratasi kalau semuanya sama-sama bergerak," tandasnya.

Selain dilakukan secara daring, orientasi tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan mahasiswa baru Pascasarjana di Kampus 2 UIN Malang. Jajaran dosen menghadiri orientasi tersebut, termasuk para kepala prodi. Direktur Pascasarjana UIN Malang Prof. Dr. Umi Sumbulah dan rektor secara simbolis memakaikan jas almamater kampus kepada dua perwakilan maba. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru