Lokasi perampokan di  ATM Bank Mandiri Jalan Kawi. (Hendra Saputra)
Lokasi perampokan di ATM Bank Mandiri Jalan Kawi. (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Bank Mandiri Malang angkat bicara mengenai penembakan dalam percobaan perampokan di gerai anjungan tunai mandiri (ATM) Mandiri Jalan Kawi, Klojen, Kota Malang, Senin (31/8/2020) malam. Bank badan usaha milik negara (BUMN) ini mengaku pihaknya berkomitmen meningkatkan keamanan di ATM-nya.

Sebelumnya, aksi  “koboi” dilakukan dua orang di ATM Mandiri Jalan Kawi. Salah satunya melepaskan tembakan  saat pegawai PT Tunas Arta Gardatama (TAG) melakukan servis mesin ATM.

Baca Juga : Tembakan Pistol Rusak Pintu Kaca ATM Mandiri Jalan Kawi, Petugas Ditodong Senjata

Pegawai PT TAG sebelumnya  menerima laporan sejak pagi bahwa  mesin ATM Jl Kawi bermasalah dalam penarikan. Setelah itu, pada pukul 20.49 WIB, dua orang pegawai TAG -satu teknisi dan satu satpam- mendatangi lokasi.

Tiba di depan ATM, teknisi bernama Riko masuk ke dalam ATM. Sedangkan Indra yang berprofesi sebagai satpam menjaga situasi di depan ATM.

Tak lama kemudian, datang dua orang naik sepeda motor. Salah satu pelaku yang turun kemudian menghampiri Indra dan sempat melakukan tembakan sebanyak tiga kali.

Dua kali tembakan diarahkan ke kaca pintu ATM dan satu tembakan diarahkan kepada Indra. Beruntung, saat itu Indra bisa mengelak sehingga tembakan hanya membuat kaca mobil pecah.

Mungkin karena tak berhasil melakukan aksi mengarah ke perampokan itu, pelaku yang melepaskan tembakan kabur menghampiri temannya yang menunggu di atas motor. Keduanya kemudian kabur ke arah Jalan Tangkuban Perahu.

Baca Juga : Dianggap Mencemarkan Nama Baik, Mantan Perawat Dipolisikan Pimpinan Klinik

Area Head Bank Mandiri Malang Pitra Dwi Yuniyanto mengemukakan, ke depan, untuk keamanan di ATM, pihaknya akan selalu memonitoring, baik melalui sistem ataupun patroli petugas security.

"Kami bersama vendor selalu monitoring terhadap keamanan ATM, baik secara on site maupun by system. Selain itu, kami akan menggunakan sistem patroli dari security Mandiri secara rutin, selain ketersediaan CCTV di ruangan untuk memonitor orang-orang yang beraktivitas di dalam ATM," jelasnya.

Diakui Pitra, kejadian itu membuat ATM mengalami kerusakan di bagian pintu kaca. Namun, uang yang berada di ATM tetap aman. "Kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian bahwa kami akan bekerja sama untuk mengungkap kasus tersebut," ucapnya.