Pelaku pencurian kendaraan bermotor di lorong gang 8 (Ist)
Pelaku pencurian kendaraan bermotor di lorong gang 8 (Ist)

MALANGTIMES - Wajah pelaku pencurian kendaraan bermotor di kawasan RT 5 RW 3, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, yang beraksi mencuri motor kreditan milik salah seorang warga sekitar, terekam jelas kamera CCTV.

Pelaku seorang diri beraksi pada Minggu (40/8/2020) sekitar pukul 02.30 wib. Saat itu, pelaku menggasak motor Honda Beat warna merah putih bernopol N 6632 ABN yang terparkir di lorong gang.

Baca Juga : Nyaru Jamaah Masjid dan Sempat Wudu, Pria Ini Terekam CCTV Curi Helm

 

"Motor tersebut atas nama ibu saya, sebelumnya yang pakai bapak saya yang sudah almarhum, kemudian diteruskan sama saudara saya (kredit ke leasing)," ujar korban pencurian Niken Fadhil Fajar (34) saat ditemui dikediamannya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kehilangan motor tersebut pertama kali diketahui sekitar pukul 03.30 wib oleh sang ibu. Saat itu, ibu korban tengah keluar rumah untuk menunggu penjual sayur. Namun ketika keluar rumah, ia justru terkejut melihat motor miliknya tak lagi berada pada lokasi tempat parkir.

Jas hujan yang menutupi motor korban, oleh pelaku diletakkan di depan rumah warga yang tak jauh dari lokasi parkir motor. Dari situ korban kemudian berupaya mencari informasi dengan bertanya kepada warga sekitar.

"Saya akhirnya lihat kamera CCTV yang terpasang di sini, ternyata memang benar ada yang nyuri motor saya. Pelaku sebelumnya juga kelihatan dari CCTV  sempat muter mungkin nyari sasaran. Dari rekaman CCTV pelaku sempat mengutak-atik kontak motor kemudian balik lagi ke atas, mungkin lihat situasi," bebernya.

Sementara itu, pelaku saat beraksi, nampaknya tidak menyadari jika aksinya terekam CCTV yang terpasang tepat dilokasi parkiran motor. "Kayaknya pelaku nggak sadar aksinya terekam. Paling dikira lampu," terangnya.

Pasca kejadian tersebut, saat ini pihaknya akan segera melaporkan kejadian pencurian ke pihak kepolisian. Saat ini pihaknya masih melengkapi persyaratan administrasi mengingat kendaraan tersebut berstatus kredit.

Eko Spesial (34) Ketua RT 5, menjelaskan, jika memang di lingkungannya warga kesulitan mengenai lahan parkir kendaraan. Karenanya, wargapun terpaksa memarkirkan kendaraannya di depan rumah atau lorong gang.

Baca Juga : Sehari, Empat Sepeda Warga Perum Ndalem Kagelan Raib Digasak Maling

 

"Kejadian di lingkungan sini sudah dua kali Ini, pernah pada 2018, dua motor hilang sekaligus, ada CBR sama Verza, selanjutnya yang sekarang ini. Kalau yang sekarang ini, saya menduga pelakunya lebih dari satu," bebernya.

Agar kasus pencurian tak terulang, langkah selanjutnya pihaknya akan melakukan pemasangan portal di pintu masuk gang 8. Namun sebelum itu, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan RT tetangga.

"Ini kan jalannya saling berhubungan, makanya kita akan koordinasi dulu dengan RT lain. Kan di sebelah masih ada RT 4 RT 5 RT 2, RT 7 RT 8 sampai RT 11," pungkasnya.