BLT (Foto:  pikiran rakyat)
BLT (Foto: pikiran rakyat)

MALANGTIMES - Sempat ditunda, pencairan bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta rupanya akan segera cair.  

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyatakan, jika program BLT akan mulai dilaunching besok, Kamis (27/8/2020). Launching BLT Rp 600 ribu itu akan langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Baca Juga : Pertamina Merugi, Presiden Jokowi Diminta Copot Jabatan Ahok Cs

"InsyaAllah diagendakan launching bantuan pemerintah besok pada Kamis 27 Agustus oleh Presiden RI," ujar Ida dalam rapat bersama Komisi IX, Rabu (26/8/2020).  

Lebih lanjut, Ida menuturkan, pihaknya saat ini masih mempersiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama. Sementara tahap transfer pertama nantinya akan dilakukan pada akhir Agustus ini.  

Dikatakan Ida bahwa sebanyak 2,5 juta rekening calon penerima bantuan dari BP Jamsostek telah diterima pada 24 Agustus lalu.  

Diketahui, untuk BLT ini pemerintah telah menyiapkan anggaran senilai Rp 37,8 triliun. Bantuan itu nantinya akan disalurkan kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta dan sudah terdaftar di BP Jamsotek per Juni 2020.  

Subsidi senilai Rp 600 ribu itu akan diberikan selama empat bulan dengan total Rp 2,4 juta. Namun BLT ini akan diberikan setiap dua bulan, masing-masing Rp 1,2 juta. 

Baca Juga : Susah Cari Perumahan Murah di Kota Malang? Tinggal di Apartemen Saja!

Sebelumnya diketahui BLT tersebut rencananya kan mulai dicairkan pada 25 Agustus 2020 lalu. Namun pencairan itu batal lantaran proses validasi calon pekerja penerima BLT hingga kini masih belum selesai.