Warga Kelabakan, Tempat Pembuangan Sampah di Mergan Dibakar Orang Gila

Aug 22, 2020 16:51
Petugas Damkar saat berupaya untuk memadamkan api di TPA Mergan (Ist)
Petugas Damkar saat berupaya untuk memadamkan api di TPA Mergan (Ist)

MALANGTIMES - Tempat pembuangan sampah di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jumat malam (21/8/2020) sekitar pukul 18.15 WIB sempat terbakar. Kobaran api itu pun menimbulkan kepanikan warga sekitar.

Areal tempat pembuangan sampah  yang menjorok ke sungai dan berada di samping makam itu terbakar hingga merembet ke seluruhan bagian.  Muncul asap tebal yang mengganggu pernapasan warga.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang Teguh Budi Santoso mengatakan, kebakaran tempat pembuangan sampah terjadi  lantaran memang sengaja dibakar oleh seseorang. Sampai akhirnya api merembet ke tumpukan-tumpukan sampah yang ada di sekitar lokasi.

Baca Juga : Rumah Juragan Penggilingan Tebu Terbakar, Butuh 4 Unit Mobil Pemadam untuk Jinakkan Api

 

Mengenai oknum penyebab kebakaran tersebut, Teguh memgatakan, dari informasi yang didapat, kobaran api disebabkan oleh orang dengan gangguan jiwa yang sengaja membakar sampah di lokasi hingga akhirnya merembet.

"Dari laporan, memang informasinya orang gila (yang melakukan pembakaran). Orang gila itu sudah diperingatkan warga tapi tidak dihiraukan sehingga api merambat dan semakin membesar," ungkapnya.

Panik karena api makin membesar, kebakaran itu dilaporkan ke pihak damkar. Mendapatkan laporan masyarakat, pihak damkar langsung menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran. "Kami terima laporan pukul 18.15 WIB. Empat unit pemadam langsung ke lokasi dengan kurang lebih 17 personel," beber Teguh.

Baca Juga : Tanggapi Keluhan Penertiban PKL, Komisi B Minta Pemkot Siapkan Solusi Pemetaan Tempat

 

Kurang lebih sekitar satu jam lamanya, mulai pukul 18.30   hingga pukul 19.30 WIB, petugas  terus berupaya melokalisasi titik-titik api. Kebakaran benar-benar bisa dipadamkan setelah 20 ribu liter air diguyur.

"Alhamdulillah tidak menimbulkan korban jiwa. Kami imbau jika ada yang membakar sampah supaya diawasi. Jika sampah numpuk, diusahakan jangan membakar di atasnya, mengingat gas yang masih ada di dalam masih berpotensi menyala sendiri jika panas terik," pungkas Teguh.

Topik
Tempat Pembuangan Sampah di MerganDamkar Kota MalangBerita Malangkebakaran di malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru