Presiden Joko Widodo (Foto:  YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

MALANGTIMES - Senin (17/8/2020) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan makna kemerdekaan di peringatan HUT ke-75 RI. Makna tersebut disampaikan Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi.  

Jokowi menyatakan jika saat ini bangsa Indonesia bisa menikmati arti kemerdekaan karena telah meraihnya dengan perjuangan.  

Baca Juga : Unggah Foto saat Bersepeda, Raut Wajah Presiden Jokowi Disorot

 

"Kita menikmati arti kemerdekaan, karena kita meraihnya dengan perjuangan. Kita tahu arti kemajuan karena kita menapakinya melalui ujian dan tantangan," cuit Jokowi.  

Selain itu Jokowi juga menyampaikan optimisme bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluar.  

"Sebagai bangsa yang lahir dari perjuangan, kita percaya: di setiap kesulitan, selalu ada jalan keluar dan kemudahan," katanya.

Jokowi juga menyertakan video mengenai rintangan pandemi Covid-19 yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia. Dikatakan Jokowi, rintangan tersebut belum pernah dihadapi.  

Kendati demikian Jokowi yakni dengan semangat yang tetap membara maka rintangan dapat teratasi. "Berjarak fisik tetap bersatu hati."  

 

 

Cuitan Jokowi itu pun disambut warganet dengan mengucapakan HUT ke-75 RI. Mereka berharap agar kondisi Indonesia bisa segera membaik seperti semula.  

@nabilachrr : "Semoga lekas pulih dan membaik, merdeka Indonesiaku!#dirgahayuindonesia."

@taraa29_ : "Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga kita bisa melawan pandemi yg saat ini sedang terjadi MERDEKA!! #dirgahayuindonesia."

@ndrewwolf : "Semoga Rakyat tetap sehat, tetap kuat dan tetap tabah dlm menghadapi pandemi covid-19 disaat ini yg msh blm selesai2 jg, selamat memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 75 thn.  DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA Bendera Indonesia SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA !!!"

Baca Juga : Peringati HUT RI ke-75, Alfamart Branch Malang Gowes dan Bagi 500 Masker

 

@NonaSenja : "Dirgahayu Republik Indonesiaku yang ke75 Jayalah Bangsaku...   Merdeka dari Covid- Merdeka dari Kebodohan- Merdeka dari Kemiskinan. INDONESIA JAYA!"

Diketahui, Jokowi telah mengikuti upacara detik-detik proklamasi HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020) yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta.  

Dalam upacara tersebut, Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara tampil dengan mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT).  

Adapun baju adat yang dikenakan Jokowi didominasi warna merah dan putih.  

Selain itu, baju tersebut merupakan kain motif kaif berantai nunkolo.