Merenung dalam Pandemi, Christabel Annora Hasilkan Mini Album Bertajuk Sudut Kamar

Aug 17, 2020 09:40
Ilustrasi Mini Album Christabel Annora bertajuk Sudut Kamar. (Foto: Dok. Rekamjaya)
Ilustrasi Mini Album Christabel Annora bertajuk Sudut Kamar. (Foto: Dok. Rekamjaya)

MALANGTIMES - Dalam sepi dan merenung di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang beraktivitas di rumah saja, Christabel Annora menghasilkan beberapa lagu instrumental yang dihasilkan di sudut kamarnya. 

Christabel Annora yang merupakan seorang pianis dan pencipta lagu asal Malang ini merilis mini album bertajuk Sudut Kamar yang ia hasilkan selama masa pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Gus Miftah Ganti Lirik Los Dol ke Versi Salawat, Ingatkan Mereka yang Masih Berbuat Dosa

Rilisan ini hasil kolaborasi dan kerja sama antara Christabel Annora dengan unit label rekaman Rekam Jaya. 

Rekam Jaya yang juga merupakan toko distribusi rilisan fisik resmi para musisi baik dari Malang maupun luar Malang. Produksi mini album Christabel Annora bertajuk Sudut Kamar ini merupakan yang perdana.

Pilihan rilisan fisik yang dipilih juga unik, yakni dengan menggunakan format kaset pita. Padahal, para musisi sekarang mayoritas lebih memilih format rilisan digital dibanding fisik. 

Dalam format kaset tersebut, tertuang enam lagu instrumental dengan gaya khas bermain pianonya yang dipersembahkan oleh Christabel Annora. 

Menurut dosen pengajar di jurusan desain di salah satu perguruan tinggi di Surabaya ini, pada Juni 2020, sebagian karya dalam mini albumnya telah dirilis dalam format digital. Saat itu ada empat lagu, yakni "Tirai Pembuka", "Sudut Kamar", "Selamat Pagi" dan "Perempuan-Perempuan".

Untuk rilisan fisik, ada tambahan dua lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya yakni "Selfishness" dalam format instrumental dan lagu teranyar "Blues Dari Rumah" dengan nuansa blues klasik yang terbilang unik.

Selain dirilis dalam format kaset pita, mini album ini semakin istimewa karena hanya dicetak terbatas dan kemasan yang artistik.

"Album yang berisi enam lagu instrumental ini dirilis dalam format kaset, edisi terbatas hanya dicetak sejumlah 50 keping saja dengan hand-numbered pada sampul belakangnya sebagai penanda," ujarnya dalam rilis yang diterima MalangTIMES. 

Terdapat kesengajaan Christabel dan Rekam Jaya mengemas mini album ini secara eksklusif dan sangat terbatas. Ia berharap, mini album ini akan menjadi collector's item bagi para penggemar Christabel di masa mendatang. 

"Performa kasetnya pun menjadi semakin unik dan menarik karena dibungkus dengan kemasan box jadul ala kaset-kaset jazz lawas rilisan era ’80-an," ungkapnya. 

Sementara itu, terkait proses rekaman dari lagu-lagu instrumental yang tersaji dalam mini album bertajuk Sudut Kamar ini, Christabel merekam sendiri lagu-lagu tersebut didalam kamarnya saat masa karantina pandemi Covid-19.

Selepas materi rekamannya selesai, langsung memasuki proses mixing dan mastering oleh Bambang Iswanto di Nero Studio, Malang. Semuanya dikerjakan dalam tempo singkat.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid-19, Glorious Friends Luncurkan Video Lirik Bertajuk Hari Baru

Menurutnya, seluruh ilustrasi yang ada pada mini album Sudut Kamar dikerjakan sendiri oleh Christabel Annora. Sajian perpaduan warna pink pastel, putih dan gambar ilustrasi Christabel sedang memainkan piano di sudut kamar terpampang dalam cover kaset pita mini album Sudut Kamar. 

Setiap lagu yang terkemas dalam mini album Sudut Kamar garapan Christabel Annora, terdapat eksplanasi singkat terkait latar belakangnya yang ditulis sendiri oleh Christabel dan terkemas dalam buklet kecil dalam format kadet pita ini. 

"Secara keseluruhan, album Sudut Kamar memang lahir sebagai manifestasi pikiran dan jiwa saya selama masa pandemi. Merekam perasaan saya di masa karantina, work from home, berkarya di rumah, kolaborasi secara virtual, serta segala aktifitas harian yang terpaksa harus saya jalani sendirian di kamar," jelasnya.

Dirinya pun membebaskan kepada semua pendengar untuk memberi makna pada setiap lagu instrumental tanpa dibatasi oleh lirik atau kata-kata. Sebagai pelengkap, dia juga sempat mencetak buku partitur dan aneka macam merchandise dari Sudut Kamar.

Sementara itu, menurut Radinang Hilman salah satu owner Toko Rekam Jaya mengatakan bahwa kaset pita Sudut Kamar mulai resmi beredar di pasaran luas pada hari Sabtu (15/8/2020) lalu. 

"Sekaligus digelar Program Pesta Rekam Jaya berupa penjualan perdana kaset Sudut Kamar di Toko Rekam Jaya dan sesi talkshow bersama Christabel Annora secara virtual melalui Instagram Live," jelasnya pria yang akrab disapa Hilman ini.

Sebagai informasi, Christabel pun pernah bermain band bersama Get Panic serta melakukan kolaborasi yang apik dengan beberapa musisi seperti The Morning After, Folkapolka, Silampukau, Ajer, Payung Teduh, hingga Slank. 

Christabel Annora merilis debut album berjudul Talking Days pada tahun 2016. Karir bermusiknya tidak terhenti ketika dia harus melanjutkan studi di Edinburgh (Skotlandia) dan membawa pulang sebuah karya berupa materi album Dari Jauh yang dirilis pada tahun 2019. Produktifitasnya ternyata makin membara di tahun 2020 dengan merilis single "Perempuan-Perempuan" dan mini album Sudut Kamar.

Topik
Christabel AnnoraMini AlbumSudut KamarMerenung dalam Pandemi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru