Glorious Friends saat berada di salah satu panggung musik yang disinggahinya. (Foto: Dok. Glorious Friends)
Glorious Friends saat berada di salah satu panggung musik yang disinggahinya. (Foto: Dok. Glorious Friends)

MALANGTIMES - Di tengah pandemi Covid-19 yabg sedang melanda Indonesia, salah satu band Ska Malang, Glorious Friends kembali keluarkan video klip dengan konsep video lirik bertajuk Hari Baru. 

Hari Baru sendiri merupakan track list ke tiga di album Glorious Friends yang pertama di launching pada medio tahun 2019 dengan judul album Titik Terang. 

Baca Juga : Maknai Menunggu dengan Luhur, Soloist Pendatang Baru Jajang Bagus Rilis Debut Single

 

Glorious Friends yang mulai berkarir di skena musik lokal Malang pada tahun 2014, sukses mendobrak skena musik Malang dengan mendendangkan irama Traditional Ska, Rocksteady, Reggae, Swing diramu menjadi satu dan menghasilkan musik yang khas dari Glorious Friends. 

Mengusung konsep oldies Ska yang terinspirasi dari 1st Wave Ska di tahun 1960-an dalam setiap penampilannya, Glorious Friends sukses memukau para penikmat musik Ska di Malang, bahkan nasional. 

Tidak hanya itu, setelah sukses melaunching video klip yang pertama dengan track list lagu 'Kemarin' pada pertengahan 2019. Di akhir tahun 2019 pun kembali melaunching video klip bertajuk 'Walk Through'.

Dan setelah lama berlalu, pada awal Bulan Agustus, Glorious Friends memutuskan untuk meluncurkan video lirik berjudul 'Hari Baru'.

Hari Baru sendiri merupakan salah satu lagu lama yang telah diciptakan oleh Hans Reinhart sebelum Glorious Friends tercipta. Hans mengatakan bahwa telah banyak orang mengetahui bahwa lagu Hari Baru ini dulu pernah dibawakan oleh band Glory Rasta dengan judul Kasih. 

"Waktu itu lagu ini mungkin orang banyak tahu dengan judul 'Kasih' yang pernah dibawakan juga oleh band saya, Glory Rasta, dengan kemasan yang berbeda seperti sekarang," jelasnya, Minggu (9/8/2020). 

Hans pun menyadari bahwa memang kemasan dari lagu Hari Baru ini sangat jauh berbeda dengan lagu Kasih yang telah di populerkan oleh Glory Rasta pada awal sebelum adanya Glorious Friends. 

"Lagu Kasih sebelumnya pernah dirilis di dua digital store jadul, Reverebnation dan Soundcloud. Saat itu, lagu ini dikolaborasikan dengan Tari, salah satu penyanyi reggae di era Glory Rasta berjaya," ungkapnya. 

Lalu dari lagu Kasih ini, kemudian Hans bersama Glorious Friends melakukan remake lagu dengan berbagai sentuhan baru yang belum pernah didendangkan bersama Glory Rasta.

"Dengan aransemen yang baru, irama yang baru dan judul yang baru makanya sekarang bernama Hari Baru," ucapnya. 

Baca Juga : Terinspirasi Covid-19, Ini Deretan Lagu Hits yang Memotivasi, Salah Satunya dari Malang

 

Alasan memberikan judul lagu dengan Hari Baru, karena karena di Glorious Friends ini menurut Hans, banyak teman-teman yang baru, pengalaman yang baru dan hal-hal lain yang baru. 

Lebih jauh Hans bercerita tentang perjalanan lagu ini yang tercipta saat dirinya masih duduk di bangku kuliah bersama temannya. 

"Lagu ini menceritakan sebuah perjalanan percintaan seorang pria dan wanita, yang kemudian masing-masing merasa terluka akibat dikhianati," ungkapnya. 

"Kemudian datanglah sesosok orang baru yang datang dengan membawa harapan baru dapat menyembuhkan luka dengan senyuman, canda dan tawa," imbuhnya. 

Sementara itu, sebelum merilis video lirik ini, Glorius Friends juga membuat sebuah karya video monolog yang diunggah di instagram Glorious Friends. 

Masing-masing personel menuangkan cerita dan karakter yang jauh berbeda dalam video monolog tersebut dengan penataan artistik yang sangat apik.

Sejak perjalanan awal di tahun 2014, Glorius Friends beberapa kali melakukan pergantian personel dan yang terbaru hingga di tahun 2020 ini, Glorius Friends diperkuat dengan personel Monica (Vocal 1), Irene (Vocal 2), Rizqi (Vocal Guitar), Rizco (Trombone) dan Ardi (Trumpet). Serta dibantu oleh additional player Arfidi (Bass), Gery Fiersada (Gitar), Ilham (Drum) dan Erwin Heriana (Keyboard). 

Kalian dapat menikmati video lirik terbaru dari Glorius Friends di platform YouTube dengan link ini: https://youtu.be/hnP0E_XWnPY