Uang edisi khusus di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 (istimewa)
Uang edisi khusus di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 (istimewa)

MALANGTIMES - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Senin (17/8/2020) akan meluncurkan uang baru yang tidak digunakan untuk transaksi atau edisi khusus Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana peluncuran uang baru tersebut. "Betul Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru," kata Rahayu seperti dilansir dari Liputan6.com.

Baca Juga : Polisi Berpotensi Hentikan Kasus Dugaan Penipuan Anggota Dewan, Ini Penyebabnya

 

Rencananya, peluncuran uang baru tersebut bisa disaksikan melalui live streaming di kanal youtube Bank Indonesia Senin, 17 Agustus 2020, pukul 11.15 - 11.45 WIB.

Pada kegiatan resminya, acara "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Untuk diketahui, BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya untuk mengenang sebuah peristiwa atau suatu tempat di Indonesia.

Baca Juga : Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkot Batu Turun Langsung ke Masyarakat Gelar Kegiatan Kreatif Ini

 

Sementara itu, viral gambar uang baru tersebut adalah pecahan Rp. 75 ribu di mana di depan terlihat sangat jelas gambar Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia Soekarno-Hatta, kemudian di belakangnya ada gambar remaja yang mengenakan pakaian adat khas Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke.