Sri Mulyani Kenang Pertemuannya dengan Jokowi di Acara Seminar 22 Tahun Silam

Aug 14, 2020 08:29
Sri Mulyani dan Presiden Joko Widodo (Katadata)
Sri Mulyani dan Presiden Joko Widodo (Katadata)

MALANGTIMES - Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja mengunggah foto lawasnya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto tersebut diunggahnya melalui akun Instagram @smindrawati Kamis (13/8/2020).  

Diungkap oleh Sri Mulyani, foto tersebut diambil pada 22 tahun silam, tepatnya pada 14 Agustus 1998. Di foto lawas tersebut tampak juga pengusaha Jaya Suprana yang merupakan acara seminar.  

Baca Juga : Mengaku Ada Kepentingan Politik, Pelaku Seni di Malang Ancam Bakal Lakukan Aksi Susulan

 

Di acara itulah Sri Mulyani dan Jokowi pertama kali bertemu. Melalui caption-nya, Sri Mulyani menceritakan di tahun 1998 silam telah terjadi krisis ekonomi dahsyat menimpa Indonesia.  

Ekonomi nasional kala itu merosot tajam yakni hingga minus 13,7 %, sementara mata uang rupiah yang melemah ke level Rp 16.000 per dolar AS dari sebelumnya Rp 2.350. Saat itu pun banyak perusahan dan bank yang mengalami kebangkrutan. 

"Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia - saya diundang dalam sebuah seminar di Solo - untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan," tulis Sri Mulyani.  

Diceritakan juga, saat itu Sri Mulyani diundang oleh Jokowi yang merupakan pengusaha eksportir furniture.

"Pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut - karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat," tambahnya.

Sri Mulyani juga menceritakan Jokowi saat itu menggunakan windfall profit secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi. Selain itu juga Jokowi berhasil memanfaatkan situasi krisis untuk mengembangkan usahanya.  

Kini pun Sri Mulyani diketahui telah menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Kini kondisi ekonomi dunia kembali menghadapi krisis lantaran pandemi Covid-19.  

Sri Mulyani lantas mengaku jika Indonesia kini tengah berupaya untuk mengatasi dampaknya. "Program pemulihan ekonomi terus digenjot - untuk membantu masyarakat, memulihkan dan membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi," tulisnya.

Di akhir caption-nya, Sri mengajak masyarakat untuk merajut masa depan dengan tidak berhenti belajar, bekerja keras, jujur dan cerdas. Selain itu juga supaya menjadi individu yang bermental baja dan tak mudah menyerah dalam menghadapi cobaan dan ujian apapun.  

Berikut caption lengkap Sri Mulyani di unggahannya:  

"Throwback 22 Tahun yang Lalu.

14 Agustus 1998- 22 tahun lalu kamu ada dimana?

Tahun 1998 - Indonesia mengalami krisis ekonomi yang dahsyat. Ekonomi merosot tajam minus 13,7%, mata uang Rupiah kolaps dari Rp 2350 menjadi Rp 16.000 per dollar Amerika. Banyak perusahaan dan bank besar kecil mengalami kebangkrutan.

Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia - saya diundang dalam sebuah seminar di Solo - untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan.

Pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut - karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat,

Baca Juga : Jokowi Bersama Fadli Zon-Fahri Hamzah Beri Keterangan soal Pemberian Tanda Penghormatan

 

Pak Jokowi menggunakan “windfall profit” secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi, berhasil memanfaatkan situasi krisis justru untuk mengembangkan usahanya.

22 tahun kemudian, Pak Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia, dan saya diminta beliau menjadi Menteri Keuangan. Dunia menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19. Dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi kita berupaya mengatasinya.

Program pemulihan ekonomi terus digenjot - untuk membantu masyarakat, memulihkan dan membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi.

Kalian 22 tahun kedepan bisa menjadi apa saja. Rajut masa depanmu dengan tidak berhenti belajar, bekerja keras, jujur dan cerdas. Miliki mental baja, jangan menyerah menghadapi cobaan dan ujian apapun. Jangan lupa selalu berdoa..!

Jakarta 13 Agustus -2020."

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Throwback 22 Tahun yang Lalu. 14 Agustus 1998- 22 tahun lalu kamu ada dimana? Tahun 1998 - Indonesia mengalami krisis ekonomi yang dahsyat. Ekonomi merosot tajam minus 13,7%, mata uang Rupiah kolaps dari Rp 2350 menjadi Rp 16.000 per dollar Amerika. Banyak perusahaan dan bank besar kecil mengalami kebangkrutan. Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia - saya diundang dalam sebuah seminar di Solo - untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan. Pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut - karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat, Pak Jokowi menggunakan “windfall profit” secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi, berhasil memanfaatkan situasi krisis justru untuk mengembangkan usahanya. 22 tahun kemudian, Pak Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia, dan saya diminta beliau menjadi Menteri Keuangan. Dunia menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19. Dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi kita berupaya mengatasinya. Program pemulihan ekonomi terus digenjot - untuk membantu masyarakat, memulihkan dan membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi. Kalian 22 tahun kedepan bisa menjadi apa saja. Rajut masa depanmu dengan tidak berhenti belajar, bekerja keras, jujur dan cerdas. Miliki mental baja, jangan menyerah menghadapi cobaan dan ujian apapun. Jangan lupa selalu berdoa..! Jakarta 13 Agustus -2020

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) pada

 

Unggahan Sri Mulyani itu lantas mengundang berbagai reaksi warganet. Warganet tampak salut dengan sosok Sri Mulyani.

@mhusni43 : "Luar biasa...kita tidak pernah tahu ke depan kita akan jadi apa. Yg terbaik adalah kita bekerja keras menekuni bidang kita masing2...."

@herlina392monoarfa : "Hero world luar biasa pemimpin kami sehat selalu dan dimuliakan."

@wahiday : "Sangat menginspirasi..."

@erwanderaziq : "Sukses selalu buat ibu, doakan sukses juga buat saya."

@tjasaljepret : "Semangat buk,jaga kesehatan."

@bungakharismayani : "Panutankuuu sehat2 terus ya bu."

Topik
Sri MulyaniPresiden Joko WidodoMenteri KeuanganFoto Lawas Presiden Jokowi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru