Webinar  “How to Handle Crisis Situation As A Spokesperson Astra Financial”,
Webinar “How to Handle Crisis Situation As A Spokesperson Astra Financial”,

MALANGTIMES - Kian meningkatnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di berbagai negara yang kemudian dinyatakan pandemi global oleh World Health Organization (WHO), termasuk kondisi Indonesia, telah berdampak pada semua sendi perekonomian. Hal ini menuntut untuk menjadi agile atau tanggap dalam setiap rencana dan tindakan untuk mengatasi hal tersebut.

Terkait dengan hal ini, Astra Financial, salah satu dari tujuh divisi bisnis yang ada dalam Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk, melihat pentingnya kepekaan dan kompetensi yang baik dan benar dari setiap spokesperson atau perwakilan dari setiap cabang yang berjumlah 500 di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Tips Anti Gagal, Begini Cara Trading Forex Bagi Pemula

Untuk itu, Astra Financial mempersiapkan dan mempersembahkan sharing dalam bentuk Webinar yang ditujukan bagi seluruh pimpinan cabang, PIC Komunikasi, PIC Corporate Social Responsibility (CSR) dan Security Astra Financial, supaya siap menghadapi masa transisi.

Webinar yang berlangsung pada Kamis 13 Agustus 2020 ini mengangkat tema “How to Handle Crisis Situation As A Spokesperson Astra Financial”, dihadiri oleh Adi Sepiarso selaku Chief of Astra Financial dan dibuka dengan welcoming speech oleh Margono Tanuwijaya selaku Group Executive Committe & CEO FIFGROUP. 

Margono, dalam speech-nya, mewakili Suparno Djasmin atau yang lebih dikenal Bapak Abong sebagai Director in Charge Astra Financial, mengatakan, bahwa acara Webinar ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Astra Financial dengan peserta dari Sabang sampai Merauke sebagai “suntikan vitamin pengetahuan”. 

“Saat ini, kita sangat perlu disiplin lebih dari biasanya, bekerja lebih dari normal atau kerja ekstra dan berjuang dengan semangat sinergis serta menumbuhkan sense of crisis. Ini semua bisa diwujudkan dengan semangat strong collaboration. Kita harus mematuhi seluruh protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh perusahaan dan pemerintah,” ujar Margono menutup welcoming speech seraya mengungkapkan keinginan yang tentu saja menjadi keinginan kita semua. 

Hadir sebagai pembicara dalam Webinar ini adalah Riza Deliansyah sebagai Chief of Corporate Affairs PT Astra International, kemudian Maria Y. Benyamin sebagai Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia serta Yulian Warman sebagai Chief of Corporate Communication & CSR FIFGROUP dan GFC Leader Communication and CSR Astra Financial.

Riza sebagai keynote speaker atau pembicara utama, memberikan sharing mengenai “Kebijakan Corporate Affairs Astra International Selama Pandemi” yang membahas mengenai program andalan Astra (dalam hal Communication, CSR & Security), arahan corporate affairs Astra untuk Astra Financial hingga berakhirnya Pandemi dan kiat-kiat membuat program corporate affairs. 

Riza Deliansyah menjelaskan, strategi umum yang bisa diterapkan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 di bidang Environment Social Responsibility, Corporate Communication dan Security. Yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan dan kewajiban regulasi lingkungan, menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, binaan, dan stakeholder terkait, komunikasi yang baik dengan konten informatif, edukasi, dan motivasi, mengoptimalkan pengamanan dan keamanan instalasi Astra Finansial.

Selain itu, kata Riza Deliansyah, aktif menginformasikan kontribusi Astra dalam memerangi Covid-19 guna menjaga citra dan reputasi perusahaan. 

Kemudian Maria membawakan topik mengenai “Media Handling dari kacamata Pemimpin Redaksi” yang membahas tentang peta media saat ini, tips dalam membina hubungan yang baik dengan media serta cara membuat press release yang baik dan benar. 

Baca Juga : Alfamart Salurkan Paket Sembako Kepada 1.500 Pedagang Warung Tradisional OBA

Bersama Maria, peserta belajar supaya “jangan takut” berhubungan dengan media dengan contoh-contoh yang update. 

“Yang harus dilakukan adalah berhubungan baiklah dengan media di daerah masing-masing, dan berani melakukan pemetaan media. Dan itu semua merupakan hal yang penting,” ujar Maria.

Sedang Yulian membawakan topik mengenai “Menjaga Reputasi Perusahaan di Masa Krisis” di mana ia membahas mengenai gambaran krisis sekarang dan sebelumnya, mempertahankan reputasi perusahaan di masa krisis dan tips membangun komunikasi dengan media. 

"Jika image dan citra sudah positif, maka kalau krisis berakhir, konsumen akan datang sendiri dan media akan melihat pergerakan itu serta menanyakan ke kita, sebagai bahan berita," tutur Yulian.

Dalam Webinar Astra Financial ini juga diadakan sesi tanya jawab melalui modul QnA di aplikasi Webinar yang ditanggapi secara langsung oleh seluruh narasumber.