Ilustrasi seleksi calon mahasiswa baru Pascasarjana UIN Malang. (Foto: Humas)
Ilustrasi seleksi calon mahasiswa baru Pascasarjana UIN Malang. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Menyesuaikan situasi pandemi Covid-19, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menghelat seleksi calon mahasiswa baru (maba) semester ganjil tahun akademik 2020/2021 secara daring belum lama ini. 

Ketua Panitia Seleksi Maba Pascasarjana Dr. Triyo Supriyatno menyatakan, calon maba tak hanya berasal dari Indonesia, melainkan negara-negara lain di dunia.

"Ada juga pendaftar dari Malaysia dan Arab Saudi," katanya.

Baca Juga : UIN Malang Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Biologi

Seleksi yang diikuti calon mahasiswa program magister dan doktor itu dilakukan melalui laman cbt.uin-malang.ac.id mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Materi tes tulis meliputi Tes Potensi Akademik, Kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Ia menambahkan, presentasi proposal bagi maba Program Doktor dilakukan melalui aplikasi Zoom dan WhatsApp Video Call. Mereka diuji langsung oleh direktur, serta kaprodi dan sekprodi masing-masing.

Sementara itu, sesi wawancara atau presentasi proposal penelitian bagi calon mahasiswa S3 juga dilaksanakan di hari yang sama melalui teleconference.

Pihak Pascasarjana secara khusus dan intensif bekerja sama dengan Pusat Teknik Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Malang untuk menyukseskan seleksi daring ini. Pihak PTIPD menyediakan laman khusus CBT yang dapat diakses calon maba di manapun pada waktu bersamaan. Sehingga, gangguan apapun dapat diminimalisir.

Direktur Pascasarjana Prof Dr Umi Sumbulah MAg menyatakan proses seleksi berjalan lancar sesuai rencana. Tidak menutup kemungkinan, seleksi daring akan tetap dipertahankan oleh Pascasarjana UIN Malang melihat pelaksanaannya yang efektif dan efisien.

Baca Juga : UIN Malang Kukuhkan Guru Besar Bidang Ekonomi Syariah

"Tes CBT bisa jadi alternatif kami untuk menyeleksi calon-calon maba Program Pascasarjana di masa mendatang," katanya.

Wakil Direktur Pascasarjana Drs Basri Zain, PhD membagi data maba periode ini. Sebanyak 473 calon maba mengikut Computer-Based Test (CBT) di semester ganjil ini. Mereka terdiri atas 45 calon mahasiswa Program Doktor dan 428 calon mahasiswa Program Magister.

Hasil seleksi maba Pascasarjana ini akan diumumkan pada 18 Agustus 2020. Rencananya, proses registrasi juga akan dilangsungkan secara daring mulai hari pengumuman hasil hingga 28 Agustus 2020.