KBM tatap muka yang dilaksanakan menggunakan masker di SDN Gunungsari 04 beberapa saat lalu. (Foto: Istimewa)
KBM tatap muka yang dilaksanakan menggunakan masker di SDN Gunungsari 04 beberapa saat lalu. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Senin (10/8) besok, SDN 4 Gunungsari, Kota Batu, kembali menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka lagi. Sekolah itu melaksanakan KBM setelah mendapat izin dari Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 Kota Batu.

“Hari Senin, di SDN Gunungsari 04 KBM tatap muka akan kembali dilakukan,” ucap Kepala SDN Gunungsari 04 Indaryanto. 

Baca Juga : Demi Sekolah Daring, Siswa SD di Jombang Ini Belajar di Makam

Tentunya KBM itu menerapkan protokol kesehatan. Dengan jumlah siswa yang terbatas, kegiatan pembelajaran tatap muka pun bisa dilakukan dengan menerapkan physical distancing untuk setiap kelas.

Ya semua siswa dan guru wajib menggunakan masker, hand sanitizer, melakukan pengukuran suhu tubuh, dan cuci tangan. Selain itu, setiap hari SDN Gunungsari 04  juga menyediakan jam istirahat yang digunakan untuk berolahraga sambil berjemur.

Lalu jadwal KBM tatap muka digunakan dua kelas setiap hari. Hal itu untuk menghindari kontak antarindividu dengan protokol kesehatan sesuai petunjuk gugus tugas dan Dinas Pendidikan Kota Batu.

“Jadwalnya sudah ditata. Senin kelas I dan II, Selasa kelas III dan IV, Rabu kelas V dan VI. Selain itu, durasi waktu KBM  dikurangi hanya 1,5 jam setiap hari,” imbuh Indaryanto.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori menambahkan, dilakukannya KBM tatap muka khsusu di SDN Gunungsari 04 tersebut lantaran dilihat dari beberapa faktor. Yakni kondisi topografi Dusun Brau yang berada di lembah kawasan pegunungan Kota Batu. 

“Sehingga sangat sulit terjangkau jaringan internet atau terkendala sinyal internet. Lalu kondisi siswa dari SDN Gunungsari 04 berbeda dengan siswa lainnya yang ada di Kota Batu sehingga membutuhkan perhatian khusus dan perlu pendampingan dari para guru,” ungkap dia.

Baca Juga : Kurikulum Darurat Terbit, Kompetensi Dasar Setiap Mata Pelajaran Dikurangi

Selain itu, jumlah muridnya tidak begitu banyak, yaitu hanya 44 siswa dari semua kelas, mulai kelas 1 sampai kelas 6. Rinciannya  kelas I jumlahnya 9 siswa, kelas II ada 7 siswa, kelas III terdapat 7 siswa, kelas IV sejumlah 8 siswa, kelas V ada 8 siswa, dan kelas VI hanya 5 orang.

Sebelumnya KBM tatap muka di SDN Gunungsari 04 sudah dilaksanakan  13 Juli 2020 lalu. Namun terhenti hingga tim satgas menyetujui adanya KBM.