Petugas saat berupaya memadamkan kebakaran di Kabupaten Malang (Foto : Istimewa)
Petugas saat berupaya memadamkan kebakaran di Kabupaten Malang (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Sejak awal bulan Agustus 2020 lalu, sudah ada 3 insiden kebakaran yang ditangani PPK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang.

Terbaru peristiwa kebakaran itu terjadi kemarin (Kamis 6/8/2020). Saat itu sebuah gedung garasi milik Ridwan warga Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang dikabarkan ludes terbakar.

Baca Juga : Dilaporkan Terkait Postingan 'IDI Kacung WHO', Jerinx SID Kini Dibidik Polisi

”Petugas kepolisian masih mendalami penyebab terjadinya kebakaran, namun yang pasti tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini,” kata Kepala Seksi PPK Kabupaten Malang, Agus Suyanto.

Diperoleh keterangan, insiden kebakaran ini diketahui pertama kali pada pukul 16.30 WIB. Saat pertama kali diketahui, api dan kepulan asap hitam pekat sudah membumbung tinggi dari atap bangunan.

Mengetahui kejadian ini, korban beserta warga setempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sejam berselang, api bukannya padam tapi justru semakin membesar.

Khawatir jika akan merembet ke pemukiman warga, insiden inipun akhirnya dilaporkan ke PPK Kabupaten Malang. ”Guna memadamkan api, ada 6 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 mobil tanki yang dikerahkan ke lokasi kejadian,” terang Agus.

Sebagai informasi, 6 unit mobil pemadam kebakaran itu 4 diantaranya berasal dari PPK Kabupaten Malang. Sedangkan 2 sisanya berasal dari PT Pindad dan PG Krebet yang masing-masing mengerahkan 1 unit mobil pemadam kebakaran. Sedangkan 1 unit mobil tanki berasal dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang.

”Api baru bisa dipadamkan sekitar 2,5 jam setelah kejadian, kerugian ditaksir mencapai Rp 350 juta,” ujar Agus.

Baca Juga : Video Ledakan Besar di Lebanon, Puluhan Korban Meninggal hingga Ribuan Warga Luka-Luka

Kejadian kebakaran yang menghanguskan bangunan milik pria 60 tahun itu, bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, di sepanjang bulan Agustus 2020 ini sudah ada 3 insiden kebakaran yang terjadi di Kabupaten Malang.

Dua insiden kebakaran sebelumnya itu terjadi pertama kali pada Minggu (2/8/2020) lalu. Diduga karena pembakaran sampah yang merembet, membuat tempat tinggal milik Fauzi Rohman warga Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang ludes terbakar. Kendati tidak ada korban jiwa, namun akibat insiden tersebut korban mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah.

Sehari kemudian (Senin 3/8/2020) si jago merah kembali mengamuk. Kali ini giliran kandang ayam dan kambing milik Kamari warga Kecamatan Turen, Kabupaten Malang yang ludes dilahap api.

Meski tidak ada korban jiwa, namun pria 63 tahun itu harus menderita kerugian hingga jutaan rupiah. ”Jika dikalkulasikan, kebakaran yang terjadi sejak awal Agustus 2020 ini mencapai kisaran Rp 400 juta,” tukas Agus.