Sutikno, tunawicara bersepeda dari Malang ke Jakarta (Foto: Twitter @ruddierawk)
Sutikno, tunawicara bersepeda dari Malang ke Jakarta (Foto: Twitter @ruddierawk)

MALANGTIMES - Twitter kembali dihebohkan dengan cuitan akun @ruddierawk pada Jumat (31/7/2020). Dalam cuitannya, akun tersebut meminta kepada warganet untuk memviralkan sosok pria bernama Sutikno.  

Dituliskan di cuitan itu, Sutikno merupakan tunawicara asal Malang Jawa Timur. Ia merupakan salah satu penghuni Yayasan SLB Batu Malang.  

Baca Juga : Bupati Sanusi Minta Perusahaan Rekrut Tenaga Disabilitas

Dijelaskan oleh akun @ruddierawk, Sutikno bersepeda dari Malang ke Jakarta untuk mencari orangtuanya.  

"BANTU VIRALKAN!!

NAMA: SUTIKNO

ASAL: MALANG, JAWA TIMUR

DARI YAYASAN SLB BATU MALANG

IA SEORANG TUNAWICARA BERSEPEDA KE JAKARTA MENCARI ORANGTUANYA," tulis akun @ruddierawk.  

 

 

Akun tersebut juga mengunggah foto Sutikno yang terlihat lelah. Namun, dikatakan oleh akun tersebut Sutikno tidak menjelaskan sejak kapan ia pergi dari Malang.  

Sutikno hanya menuliskan jika ia sudah mencari ayah dan ibunya selama 18 hari.  

"Ia tidak menjelaskan mulai kapan ia pergi dari Malang, ia hanya menulis kalo dia di Jakarta sudah 18hari mencari Orangtuanya," tulis @ruddierawk.

 

 

Pada buku yang ia bawa, Sutikno menjelaskan apa yang dilakukan saat dirinya lelah.  

"Saya kalau capek atau haus dan lapar pasti minta ke polisi, TNI atau masjid, intinya merantau di mana aja sopan tidak mencuri dan menipu," tulis Sutikno.

Di halaman berikutnya terdapat nama kota-kota yang sudah ia lintasi selama perjalanan. Seperti Semarang, Surabaya, Mojokerto, Boyolali, Solo, Pemalang, Tegal, Subang, Bekasi hingga Jakarta.

Baca Juga : Sempat Bungkam, Akhirnya Ike Muti Minta Maaf soal 'Hapus Foto Jokowi'

 

Selain itu Sutikno juga terlihat menuliskan sebuah doa untuk ayah dan ibunya. "Doa buat ibu dan ayahku. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kedua orang tua saya...bukakanlah pintu rejeki dan umur yang panjang. Berikan pintu hidayahMu, Ya Allah," tulis Sutikno.

"Walaupun diriku tak ketemu ibu...anakmu selalu berdoa buat ibuku. Ku cinta. Tanpa ibu di dunia ini Tikno tak akan ada di dunia ini..." imbuhnya.

Sementara akun @ruddierawk menuturkan jika "Setelah ditawari makan untuk mengisi perutnya, ia (Sutikno--red) menuliskan jika sampai lebaran ke-2 ini ia tidak menemui orangtuanya, ia akan kembali lagi ke Malang, Jawa Timur".

Sayangnya, pencarian Sutikno ini semakin berat lantaran ia tak memiliki foto ke dua orangtuanya. Hal itulah yang membuat warganet tak bisa membantunya.  

Akun @ruddierawk ternyata sempat bertemu Sutikno di Masjid Jami' Al-Jihad Pulogebang.  

"Ia berkata selepas sholat subuh dan sebelum sholat ied ia akan melanjutkan perjalannya tapi entah kemana. Siapa tahu kawan-kawan ada yang bertemu, sisipkan sedikit rezeki untuk menemani ia mencari orangtuanya yang hilang," ujar @ruddierawk.

Diceritakan jika Petugas Dinas Perhubungan Terminal Pulogebang sempat mengarahkan Sutikno ke Dinas Sosial.  

Sayangnya, lagi-lagi Stikno menolak dan terus mencari orangtuanya.  

"Mau ketemu ibu saya, sudah lama saya mencari ibu saya tapi gak ketemu, saya tidak mau ke Dinas Sosial, saya bukan gembel," jawab Sutikno sambil menangis.  

Ia pun langsung kabur dari terminal dan hingga kini belum ada perkembangan atau informasi mengenai keberadaan Sutikno.