Petugas beserta mobil pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api di Turen. (Foto : PPK Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Petugas beserta mobil pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api di Turen. (Foto : PPK Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rombongan armada pemadam kebakaran milik Kabupaten Malang terlihat memasuki mako utama yang berlokasi di Pringgitan Pendopo Agung, Senin (3/8/2020) malam. Beberapa personel dan mobil pemadam kebakaran tersebut baru diterjunkan ke wilayah Desa Kedok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, guna memadamkan kebakaran.

”Barusan memadamkan kebakaran di sebuah kandang yang ada di wilayah Turen. Indikasi sementara, sumber api berasal dari pembakaran sampah yang merembet,” ungkap Kepala Seksi PPK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang Agus Suyanto, Senin (3/8/2020) malam.

Baca Juga : Viral Bendera Merah Putih Dibakar di Lampung, Pelaku Diduga Gangguan Jiwa!

Berdasarkan penjelasannya, Agus mengatakan insiden kebakaran tersebut diketahui kali pertama sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu, api sudah menyambar kandang ternak kambing dan ayam milik warga setempat yang bernama Kamari (63).

Mengetahui kejadian tersebut, korban dengan dibantu warga bergegas memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun bukannya padam, api justru semakin membesar.

Khawatir jika merembet ke pemukiman warga, kejadian ini pun dilaporkan ke perangkat desa dan akhirnya dilanjutkan ke PPK Kabupaten Malang. ”Guna memadamkan kebakaran, kami mengerahkan 4 mobil pemadam ke lokasi kejadian,” ungkap Agus.

Sekitar satu jam paska-terjadinya kebakaran, tim yang dikomandani Bowo Suhasmanto itu akhirnya berhasil memadamkan kebakaran. ”Tidak ada korban. Kerugian diperkirakan mencapai jutaan,” tutup Agus.