Pelantikan pengurus KONI Kabupaten Malang periode 2020-2024 di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Malang yang dilakukan secara virtual, Minggu (2/8/2020). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES)
Pelantikan pengurus KONI Kabupaten Malang periode 2020-2024 di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Malang yang dilakukan secara virtual, Minggu (2/8/2020). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Malang telah memiliki struktur kepengurusan baru yang telah resmi dilantik secara virtual oleh KONI Jawa Timur di Ruang Rapat Gedung DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang, Minggu (2/8/2020) siang. 

Dalam pelantikan hadir pula jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Malang. Bupati Malang HM. Sanusi yang juga hadir dalam pelantikan menuturkan bahwa pihaknya akan mendukung penuh KONI Kabupaten Malang dalam melakukan pengembangan para atlet.

Baca Juga : Makin Banyak Pesaing Tangguh, PBSI Kota Malang Andalkan Ganda Campuran

Selain itu, jika nantinya Kabupaten Malang ditunjuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-VII di tahun 2022 nanti, Sanusi mengatakan bahwa pihaknya akan memenuhi kelengkapan fasilitas penunjang kompetisi tersebut. 

"Kita dukung penuh. Fasilitasnya kita penuhi kalau Malang ditunjuk sebagai tuan rumah," ungkapnya ketika ditemui oleh awak media, Minggu (2/8/2020). 

Sanusi juga berpesan kepada kepengurusan KONI Kabupaten Malang periode 2020-2024, terkait pengembangan para atlet Kabupaten Malang bahwa jangan sampai ada bibit atlet Kabupaten Malang yang malah dilatih atau dirawat oleh daerah lain. 

"Jangan sampai ada bibit olahraga terbaik di Kabupaten Malang justru diopeni (dirawat) oleh daerah lain," ujarnya. 

Selain itu, salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk memberikan dukungan terhadap keberlangsungan kepengurusan KONI Kabupaten Malang dalam membina para atlet, yakni dengan memberikan satu unit mobil warna putih double cabin berplat merah yang telah diserahkan secara langsung oleh Sanusi kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Malang, Rosyidin. 

"Iya (mobil) baru. Ini biar semangat dan dapat membantu dalam segi operasional para pengurus dalam melakukan pengembangan para atlet," ungkapnya. 

Selain mobil tersebut, Sanusi juga menyampaikan bahwa KONI Kabupaten Malang dapat meminjam bus milik Pemkab Malang untuk keperluan operasional secara gratis dengan kapasitas 30 orang tiap busnya. 

Sementara itu, terkait anggaran KONI Kabupaten Malang tahun 2020 yang masih tertahan dan berkurang drastis akibat digunakan untuk relaksasi pandemi Covid-19, Sanusi mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan terdapat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

"Ini kan masih covid. Setelah ini ada PAK nanti kita bahas kembali itu," ucapnya. 

Baca Juga : Atlet PBSI Kota Malang Tetap Latihan, sementara di Bapak Asuh

Di lokasi yang sama Ketua Umum KONI Kabupaten Malang, Rosyidin mengatakan terkait anggaran yang pada tahun 2019 KONI Kabupaten Malang mendapat Rp 9,87 Milyar. Sedangkan di tahun 2020 anggaran terpangkas karena pandemi Covid-19 menjadi Rp 2,9 Milyar. 

Untuk menutupi kekurangan anggaran yang turun dan terpangkas cukup banyak untuk penanganan pandemi Covid-19, Rosyidin menuturkan bahwa pihaknya akan memanfaatkan momen PAK untuk mengajukan kembali anggaran di tengah tahun ini sebesar Rp 10 Milyar.

"Ini kita mengajukan yang di PAK itu 10 Milyar, itu mudah-mudahan bisa terealisasi," tuturnya. 

Terkait kerjasama dengan perusahaan untuk memanfaatkan CSR (Corporate Social Responsibility), Rosyidin mengungkapkan bahwa akan tetap dilakukan untuk membantu pengembangan para atlet Kabupaten Malang.

"Tetap kita bekerja sama, dengan CSR untuk membantu biaya para atlet kami ada di 52 cabor (cabang olahraga) untuk kegiatan ke depan Porprov 2022 harus sukses dan berhasil," ungkapnya. 

Lebih lanjut Rosyidin mengatakan bahwa di tahun 2021 pihaknya telah mempersiapkan pengajuan anggaran untuk keberlangsungan KONI Kabupaten Malang dalam membina para atlet sebesar Rp 20 Milyar. 

"Untuk 2021 kami mengajukan untuk dana hibah itu 20 Milyar," pungkasnya.