Calon penumpang di Stasiun Kota Baru saat melakukan rapid test (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Calon penumpang di Stasiun Kota Baru saat melakukan rapid test (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Layanan Rapid Test telah diberlakukan di Stasiun Kota Baru Malang. Layanan tersebut diperuntukkan bagi calon penumpang yang belum memiliki hasil Rapid Test dan hendak menempuh jarak jauh.

Kepala Stasiun Kota Baru, Heru Suprapto menyampaikan, pada hari ini, Sabtu (1/8/2020) tercatat ada 51 calon penumpang yang memanfaatkan layanan Rapid Test tersebut. Seluruhnya dinyatakan non-reaktif dan diperbolehkan melakukan perjalanan sesuai tiket yang dipesan. "Penumpang yang sudah membeli tiket dan belum memiliki hasil rapid test bisa memanfaatkan layanan ini," katanya.

Baca Juga : Sambut Idul Adha, PT KAI Daop 8 Gebyar Promo

Heru menjelaskan, Stasiun Kota Baru Malang dipilih lantaran menjadi salah satu Stasiun terbesar. Di hari-hari biasa, okupansi untuk perjalanan dekat maupun jauh selalu tinggi. Terlebih di hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Adha seperti sekarang. "Okupansi yang ditetapkan adalah 70 persen, dan sudah terbeli semua tiketnya," terangnya.

Dengan adanya layanan Rapid Test di stasiun ini, dia berharap agar calon penumpang bisa merasa lebih aman dan nyaman saat akan melakukan perjalanan. Selain itu PT KAI juga dapat berperan menekan angka persebaran covid-19.

Sementara apabila ditemukan adanya calon penumpang yang ditemukan reaktif saat akan melakukan perjalanan, menurutnya uang tiket akan dikembalikan secara utuh. Selain itu pihak PT KAI akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Malang.

Di sisi lain, calon penumpang di Stasiun Kota Baru, Hasna menyampaikan jika ia merasa sangat terbantu dengan layanan rapid test tersebut. Terlebih biaya yang dibanderol jauh lebih murah dibanding melakukan Rapid Test umumnya.

Baca Juga : PT KAI Daop 8 Surabaya Adakan Rapid Test Massal Gratis, Simak Jadwalnya

"Dan lebih merasa aman dan nyaman saja kalau penumpangnya ada Rapid Test. Kalau di Stasiun ada bisa langsung ke sini dan nggak perlu ke rumah sakit," urainya.

Sebagai informasi, Stasiun Kota Baru Malang menjadi salah satu stasiun di antara 12 Stasiun yang dipilih PT KAI untuk menyediakan layanan Rapid Test Ke-12 stasiun itu antara lain Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang.