Potongan gambar CCTV saat pelaku beraksi. (Ist)
Potongan gambar CCTV saat pelaku beraksi. (Ist)

MALANGTIMES - Warga Kota Malang harus lebih berhati-hati lagi. Sebab, pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) saat ini semakin nekat dan cerdik. Contohnya dalam kejadian di Jalan Candi Badut, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Senin (27/7/2020).

Motor keluaran terbaru berjenis Honda Scoopy dengan kunci ganda dan sistem alarm yang begitu sensitif tetap saja mampu digondol pelaku curanmor dengan mudah.

Baca Juga : Sepasang Pria-Wanita Baju Hitam Gasak Hp Pelanggan Warung Lesehan, Aksinya Terekam CCTV

 

Ida Santika (19),  pemilik kendaraan,  menjelaskan, saat itu ia memarkirkan kendaraannya bernopol N 2603 BAK tepat di depan rumahnya usai dipakai berbelanja dagangan makanan ringan. Setelah itu, korban masuk rumah untuk menyuapi sang anak.

"Tapi anak saya kemudian minta diantar ke kamar mandi. Akhirnya saya antar. Setelah itu, ada saudara saya yang datang. Dia bilang motor saya tidak ada. Saya ya bingung. Padahal motor nggak dipakai dan  kuncinya masih ada di dalam rumah," ungkapnya (28/7/2020).

Korban kemudian mengecek ke depan rumah. Benar saja, motor yang ia beli belum genap setahun itu telah hilang. Dari situ, lantas Ida mencoba melihat rekaman CCTV yang terpasang di sekitar rumahnya.

"Dari rekaman CCTV, sekitar pukul 17.35 terlihat dua pelaku berboncengan menggunakan motor Vixion. Pelaku kemudian berhenti di samping rumah saya. Satu pelaku kemudian turun menghampiri motor saya dan terlihat seperti mengutak-atik kunci kontak. Setelah itu pelaku kembali lagi menghampiri temannya  sambil memantau situasi," bebernya.

Saat pelaku beraksi, beberapa kali juga sempat warga sekitar melintas. Namun saat itu warga tak mengira jika kedua pria pengendara Vixion tersebut merupakan pelaku curanmor. Setelah memantau situasi dan memastikan aman, satu pelaku kemudian kembali lagi ke tempat motor korban dan terlihat mengotak-atik kembali kunci kontak.

Tak lama, kunci kontak motor korban berhasil dibobol pelaku tanpa membunyikan alarm yang terpasang di sepeda motor. Pelaku kemudian membawa kabur motor korban. Saat kabur, pelaku juga kembali berpapasan dengan warga. Mamun lagi-lagi tak ada yang mengira jika itu adalah pelaku curanmor.

Baca Juga : Viral Motor Berplat Nyeleneh Kena Tilang, Polisi Lempar Canda dengan Bahasa Thailand!

 

"Padahal pintu rumah saya saat itu juga terbuka lebar, tapi tetap saja berani pelaku. Saya sendiri juga tidak mendengar alarm. Padahal alarmnya itu cukup sensitif. Motor digoyang sedikit saja langsung bunyi. Tapi saat kejadian, malah tidak ada suaranya,"ungkap Ida keheranan.

Pasca-kejadian tersebut, Ida  juga langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib dengan membawa bukti rekaman CCTV. Dia berharap pelaku dan kendaraannya bisa ditemukan. Sebab, kejadian ini merupakan kali kedua korban kehilangan motor. Sebelumnya Ida kehilangan motor tahun lalu.