Potongan gambar CCTV saat pelaku beraksi mencuri hp (Ist)
Potongan gambar CCTV saat pelaku beraksi mencuri hp (Ist)

MALANGTIMES - Aksi pencurian handphone (hp) disebuah warung lesehan oleh seorang wanita dan pria berbaju hitam terekam CCTV dan viral di media sosial Facebook. Dalam rekaman video, pelaku yang ditemani oleh seorang laki-laki menggasak hp milik pelanggan warung lainnya yang duduk di sebelah pelaku. 

Aksi kejahatan tersebut terjadi pada Sabtu 25 Juli 2020 sekitar pukul 20.30 WIB, tepatnya di warung lesehan depan SD Kauman 1, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Baca Juga : Curnamor Kembali Marak, Lowokwaru Kawasan Favorit

 

Nurul Roifah (51) warga Perum Puncak Buring, Kota Malang, mengunggah kejadian tersebut ke media sosial Facebook. Dijelaskan melalui postingannya, jika hp yang diambil merupakan hp milik adiknya.

"Kita sekeluarga makan di nasi goreng Mawar (depan Mebel Tunggal), Kauman, Malang. Adik saya kehilangan hp Oppo F9, lupa tidak di masukan tas. Ternyata dicuri atau diambil sama pengunjung sebelah rombongan saya," jelasnya.

Dari rekaman CCTV, hp korban saat itu saat itu berada di bawah korban ketika korban duduk di tangga toko yang dijadikan kursi duduk. Korban yang semula duduk di emperan lantai bawah, kemudian berpindah duduk di tangga.

Korban saat itu tak sadar jika hp miliknya masih berada di bawah tempat ia duduk. Di saat itu juga, pelaku wanita nampak sudah sejak awal memperhatikan dan mengincar hp korban. 

Begitu korban berpindah duduk sedikit lebih atas, pelaku kemudian bergeser duduk ke bawah dan langsung berupaya mengambil hp korban.

Saat itu, agar tidak menimbulkan kecurigaan, pelaku mengambil hp tersebut dengan menggesernya menggunakan kaki dan menutupinya dengan plastik kripik yang ia pegang. Setelah hp ia geser dengan kaki kirinya sampai di bawah posisi ia duduk, pelaku langsung mengambil hp itu dengan tangan kirinya.

Baca Juga : Maling Panjat Pagar, Dua Sepeda Warga Lowokwaru Raib

 

Setelah itu, pelaku wanita menginstruksikan pelaku pria yang di dekatnya untuk mengambil hp tersebut dan segera menyembunyikan hp korban. Saat itu, pelaku pria terlihat santai sembari menggunakan tangan kirinya untuk mengambil hp pelaku.

Korban sendiri baru menyadari jika hp miliknya tidak berada di dalam tas sekitar pukul 20.45 WIB. Saat itu korban masih berada di lokasi untuk mengecek tasnya. Korban sendiri baru bisa melihat CCTV di toko mebel pada keesokan harinya, lantaran sebelumnya toko mebel masih tutup.

"Cewek cantik (baju hitam) mungkin memang sudah profesinya pencuri, cepet banget. Untuk itu hati-hati. Untuk mbak pencuri semoga kamu di ampuni dosanya. Masih muda, cantik carilah pekerjaan yang halal," tulisnya.

Akibat kejadian tersebut, kerugian yang dialami korban diperkirakan sekitar Rp 4 juta lebih. Saat ini pihaknya berniat akan segera memproses pelaporan ke pihak berwajib.