Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Republika)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Republika)

MALANGTIMES - Jawa Timur menjadi provinsi tertinggi kasus Covid-19. Hingga kini kasus positif Covid-19 di Jawa Timur mencapai angka 20.812. Sebanyak 12.680 dinyatakan sembuh dan 1.608 dinyatakan meninggal dunia.  

Kendati demikian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengklaim jika puncak Cpvod-19 di Jatim sudah lewat.  Hal itu disampaikan Khofifah melalui webinar yang tayang di channel YouTube Sindonews Selasa (28/7/2020).  "Saya sampaikan insya Allah puncaknya sudah lewat," ujar Khofifah.  

Baca Juga : Menjelang Akhir Juli, Angka Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Nyaris Tembus 500 Kasus

Gubernur 55 tahun itu lantas mengungkapkan data dan hasil analisis yang dimiliki.  Dari data tersebut menunjukkan jika penurunan virus Covid-19 di Jatim terjadi pada minggu ketiga bulan Juli.  "Penurunan sudah 33,4 persen," kata Khofifah.  

Meski begitu, Khofifah menyadari jika jumlah kasus positif di Jatim masih menempati posisi tertinggi di Indonesia.  Namun, disebutkan jumlah warga Jatim yang sembuh ikut mengalami peningkatan yang signifikan.  "Jatim kemarin 60,93 persen yang sembuh 12.680," jelas Khofifah.  

Ia lantas berharap menurunnya kurva Covid-19 di jatim tidak diikuti gelombang kedua.  Khofifah juga mewanti-wanti agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.