Para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Forkopimcam yang dikumpulkan melakukan Anev terkait Covid 19 (Ist)
Para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Forkopimcam yang dikumpulkan melakukan Anev terkait Covid 19 (Ist)

MALANGTIMES - Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat ini rutin untuk sambang ke jajaran Polsek di bawah Polresta Malang Kota. Hal itu menyusul instruksi Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Seperti halnya hari ini, Jumat (24/7/2020), Kapolresta berkunjung ke Polsek Klojen untuk melakukan analisa dan evaluasi (anev) yang diikuti oleh para lurah, kepala puskesmas dan para Bhabinkamtibmas maupun Babinsa.

Baca Juga : Penjemputan Paksa Jenazah Covid-19 jadi Perhatian Khusus Kapolres Malang

Namun bukan hanya sekedar berkunjung, dalam giat sambang yang hampir dilakukan setiap hari itu, pihaknya menekankan kepada jajaran Bhabinkamtibmas untuk memahami mengenai 3T.

Ya, 3T sendiri merupakan Testing, Tracing, dan Treatment, yang itu merupakan metode yang diharapkan untuk menekan Covid-19 diberbagai daerah di Jatim.

"Saya akan mengingatkan tentang 3T yaitu Testing, Trashing, dan treatment. Aspek kuratif ini harus masif dilakukan disetiap kecamatan dan polsek di wilayah Kota Malang," jelasnya.

Lanjutnya, testing merupakan kegiatan berbasis partisipasi masyarakat di dalam kampung tangguh Semeru, termasuk dengan rapid tes maupun swab test. Setelah itu dilakukan tracing, melacak para kontak erat dengan pasien dan dilanjutkan dengan treatment untuk mereka yang terkonfirmasi positif.

"Para Bhabinkamtibmas harus tahu pasti berapa-berapa jumlah mereka pasien positif, ODP, PDP. Harus aktif bergerak. Saya sampaikan ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas, saya akan distribusikan data lengkap pasien per kelurahan dan juga per RW," bebernya.

"Langkah pertama bisa mengkonfirmasi data tersebut, langkah kedua komunikasikan ke pasien agar mendisiplinkan diri. Saya juga akan memberikan suplemen untuk yang terkonfirmasi positif dan juga ada gejala. Hampir semua yang saya berikan suplemen ling Hua ini sembuh, banyak yang sembuh dengan sumplemen tersebut," tambahnya.

Baca Juga : Tuntut Honor PSBB, Puluhan Hansip Geruduk Kantor Kelurahan Kauman

Setelah melakukan Anev tersebut, Kapolresta Malang Kota sempat melakukan video call dengan pasien terkonfirmasi yang tengah melakukan isolasi. Selain itu, pihaknya juga memberikan semangat agar mereka tetap bersemangat untuk sembuh dari virus Covid-19.

Selain memberikan semangat kepada pasien, pihaknya juga menyampaikan kepada pasien agar tidak usah khawatir mengenai kebutuhan pangan keluarga. Sebab, saat ini keluarga pasien telah disupport sembako oleh petugas.

"Harus semangat, jangan banyak pikiran, bahagia, agar segera sembuh dan berkumpul dengan keluarga. Keluarga kita berikan sembako, kita urus," pungkasnya.