Suasana audiensi Pokja Gotong Royong bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat pembahasan event Malang Gleerr, Jumat (24/7/2020). (Foto: Humas Pemkot Malang).
Suasana audiensi Pokja Gotong Royong bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat pembahasan event Malang Gleerr, Jumat (24/7/2020). (Foto: Humas Pemkot Malang).

MALANGTIMES - Geliat untuk memulihkan perekonomian Kota Malang di tengah pandemi Covid-19 perlahan mulai dilakukan. Satu per satu tempat-tempat usaha, perhotelan dan pariwisata juga telah beroperasional.

Namun, ada hal lain yang juga tengah dipersiapkan Kota Malang dalam memulihkan perekonomian saat ini. Yaitu, dengan menggelar event bertajuk 'Malang Gleerrr'.

Baca Juga : Soroti Langkah Jokowi Bentuk Tim Terpadu, Dahlan Iskan Singgung Posisi Erick Thohir

Acara yang diinisisasi oleh Pokja Gotong Royong Kota Malang ini dibuat dengan menampilkan berbagai parade budaya, pameran dari pelaku ekonomi kreatif, UMKM, dan yang lainnya.

Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi akan adanya gelaran event tersebut. Dalam hal ini, ia menilai Malang Gleerrr menjadi pemersatu semua bidang khususnya industri kreatif untuk memberikan semangat dan gema bagi Kota Malang di tengah pandemi Covid-19.

“Bahwa glerrr yang dilontarkan adalah spirit bergerak bersama, menyatukan semua bidang dan saling menguatkan. Agar kita bisa bertahan bahkan tumbuh kembang secara produktif di masa Covid-19 ini,” ucap Sutiaji saat menerima audiensi Pokja Gotong Royong Kota Malang di ruang rapat Walikota Malang, Jumat (24/7/2020).

Pilihan kata gleerrr, lanjutnya, juga mengarah pada upaya menggemakan dan menggetarkan Kota Malang, dalam percaturan nasional dan bahkan internasional.

 Terlebih, Kota Malang telah mengambil langkah sejak awal Juni 2020 lalu dalam menerapkan masyarakat adaptif menuju tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19. Sehingga upaya memulihkan perekonomian di Kota Malang seyogianya dianggap telah mendahului langkah dari Pemerintah Pusat.

"Gagasan ini mendahului langkah Pemerintah Pusat berkaitan dengan merecovery perekonomian nasional pada masa pandemi Covid-19. Karena teman-teman sudah menggagas dan berdikusi dengan saya bersama pak Wawali (Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko) pada bulan Juni kemarin, berkaitan dengan langkah membumikan masyarakat yang produktif di masa pandemi Covid-19," terangnya.

Lebih lanjut, Koordinator Malang Gleerrr, Wahyu Eko Setiawan menyampaikan, acara dengan tema Parade Sehat dan Semangat Gotong Royong Membangun Kota Malang ini sebagai pemicu kebangkitan Kota Malang dalam memulihkan perekonomiannya. Sebab melibatkan industri kreatif, budaya dan pariwisata.

Baca Juga : Masa Transisi, Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas Pembangunan Kota Malang

"Ini gerakan pemicu kebangkitan kota Malang dalam berbagai dimensi (budaya, ekonomi, sosial, kesehatan)," ungkapnya.

Nantinya, dalam acara yang direncanakan bakal digelar pada bulan Oktober 2020 mendatang ini, sekaligus sebagai peluncuran lapak Malang Gleerrr.com. Di mana, konten dari lapak tersebut akan mewadahi produk-produk asli dari Kota Malang.

"Ini nanti seperti e-commerce tapi rasa Malang dan prioritas memang untuk Malang," imbuhnya.

Sedangkan, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 nantinya aktivitas para pengunjung di event tersebut akan dijadwalkan. Hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi potensi kerumunan massa.

Sehingga, bagi yang ingin datang ke event Malang Gleerrr harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. "Jadi tidak bisa tiba-tiba hadir, harus daftar dulu secara online. Dan disitu nanti akan ada pilihan waktunya juga. Ini yang kita persiapkan," tandasnya.