Wali Kota Malang Sutiaji (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemulihan ekonomi masih menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kota Malang selama masa transisi menuju new normal. Dunia usaha pun terus dipantau untuk kembali memutar roda perekonomian di Kota Pendidikan ini.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, pekan ini ia akan memanggil pelaku usaha hingga industri keuangan. Tujuannya adalah untuk memantabkan pendataan berkaitan dengan pergerakan ekonomi selama masa transisi menuju new normal.

Baca Juga : Kekerasan Psikis Dominan di Kota Malang, 65,7 Persen Responden Tak Tahu Prosedur Laporan

"Minggu ini saya undang untuk membahas lebih detail para pelaku usaha dan perbankan juga," katanya saat ditemui di Balai Kota Malang, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, ekonomi kreatif saat ini mendapat perhatian dan terus didorong untuk lebih berkembang. Karena selama pandemi, ekonomi kreatif tetap berjalan dan selalu menunjukkan tren positif.

Dia berharap, setiap perencanaan pembangunan di masa pemulihan ini bisa berjalan maksimal. Sehingga aktivitas ekonomi bisa kembali normal dan bergeliat seperti sebelumnya. Selain itu, setiap pelaku usaha juga akan terus didorong untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan usahanya selama pandemi covid-19.

Sementara untuk pembangunan secara fisik, Sutiaji menyampaikan jika selama ini pembangunan fisik masih terus dilakukan. Meskipun memang belum semua rencana direalisasikan selama pandemi covid-19 ini. Karena sebagian besar anggaran juga telah digeser untuk penanganan covid-19.

"Pembangunan fisik beberapa tetap dijalankan," jelas pria berkacamata itu.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pembangunan Responsif Gender Tetap Jadi Kewajiban

Sementara untuk beberapa pembangunan fisik yang tertunda dijalankan lantaran covid-19, menurutnya jika memungkinkan akan digarap dalam APBD-Perubahan Tahun 2020. "Dilihat dulu, jika memungkinkan bisa digarap di APBD-Perubahan," pungkasnya.

Saat ini, beberapa proses pembangunan secara fisik di Kota Malang tetap dijalankan. Diantaranya seperti pembangunan Jembatan Kedungkandang dan gedung block office mini di area belakang Balai Kota Malang. Beberapa pembangunan fisik tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.