Kedua pasien sembuh dari covid-19 saat melakukan doa bersama para warga di Kelurahan Kidul Dalem, Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kedua pasien sembuh dari covid-19 saat melakukan doa bersama para warga di Kelurahan Kidul Dalem, Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Suasana kemeriahan dan haru dirasakan sepasang suami istri di wilayah Kelurahan Kidul Dalem, RT 05, RW 02, Kecamatan Klojen,  Kota Malang, Rabu (22/7/2020). Pasalnya, mereka yang merupakan pasien terkonfirmasi covid-19 itu telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah isolasi yang berada di Jl Kawi. 

Namun, warga sekitar menyambut kedatangan mereka dengan menampilkan iring musik hadrah dan salawat nabi. Para santri kompak menabuh hadrah dari depan Gang 4 Jalan MGR Suryo Pranoto, Kota Malang, hingga ke rumah kedua pasien yang jaraknya sekitar 30 meter.

Baca Juga : 13 Sembuh dari Covid-19 di Kota Malang, tapi Ada 17 Tambahan Kasus Positif

 

Sesampainya di depan rumah, warga sekitar juga melakukan doa bersama terhadap pasien covid-19 tersebut. Bahkan, warga juga memberikan bantuan bahan pokok untuk bisa dimanfaatkan oleh keluarga pasien. 

"Saya berterima kasih kepada Bu Lurah, kepada RT dan RW yang sudah membantu selama penyembuhan di karantina. Semoga Allah memberi berkah kepada kita. Semoga di sini tidak ada lagi yang seperti saya," ungkap Hartoyo, salah satu pasien yang sembuh.

Dalam kesempatan itu, Lurah Kidul Dalem Iik Atya mengatakan, prosesi tersebut, selain sebagai support, juga sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar tak lagi memberikan stigma negatif terhadap pasien covid-19.

"Yang pertama, saya ingin menerima pasien yang selama ini merasa dikucilkan warga, tapi itu tidak terbukti (di Kelurahan Kidul Dalem). Kami ingin membuat rasa kebersamaan itu meningkat agar mereka juga tidak minder," ucapnya.

Cara ini sebagai langkah merangkul warga sekitar untuk bisa membantu pasien covid-19 yang sembuh tersebut apabila membutuhkan bantuan. Sehingga roda perekonomian di wilayah tersebut juga dapat kembali normal.

"Saya ingin semuanya untuk dirangkul mereka. Kami ajak mereka kegiatan kembali supaya mereka juga normal kembali, tingkat perekonomiannya normal kembali, tingkat sosialnya kepada sesama juga meningkat kembali," imbuhnya.

Baca Juga : Sempat Melandai, Kasus Positif Covid-19 di Kota Malang Melonjak lagi

 

Sebagai informasi, kedua pasangan suami istri tersebut dinyatakan sembuh setelah sebelumnya menjalani perawatan selama lima minggu dari tiga tempat. Yakni Di RSSA, RSUD, dan pemulihan di rumah isolasi Jl Kawi.

Sementara, untuk total jumlah kasus positif covid-19 di Kota Malang saat ini mencapai 423 orang. Rinciannya, sebanyak 270 orang masih menjalani perawatan, 120 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 33 orang meninggal dunia.

Dari jumlah tersebut, di wilayah Kelurahan Kidul Dalem sendiri, tercatat ada 9 warga yang terkonfirmasi positif covid-19. Lima di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan masih ada 4 yang menjalani perawatan isolasi.