Peta sebaran  covid-19 di Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)
Peta sebaran covid-19 di Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)

MALANGTIMES - Jumlah pasien konfirm positif covid-19 pada Rabu (15/7/2020) di Kota Batu bertambah lima orang. Seluruhnya merupakan warga Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. 

Dengan bertambahnya lima orang itu, total jumlah pasien positif covid di Kota Batu menjadi 132 orang. “Ada tambahan 5 pasien konfirm positif dari Desa Mojorejo,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Baca Juga : Pasien Covid-19 yang Kabur dari RSSA Jalani Isolasi Mandiri dengan Pengawasan Ketat

Sedangkan dengan tambahan lima orang, jumlah pasien positif covid-19  dari Mojorejo mencapai 27 orang. Jumlah itu terbanyak di antara desa atau kelurahan lain dI Kota Batu.

Desa Mojorejo ini merupakan kluster sehingga sejak Senin (6/7/2020) lalu menerapkan pembatasan sosial berskala lokal (PSBL). Apalagi, sejak awal Juli, terus ada penambahan pasien konfirm positif.

Di bawah Mojorejo,  jumlah pasien positif covid terbanyak adalah Kelurahan Ngaglik dan Kelurahan Temas. Masing-masing ada 15 pasien positif dari dua desa/kelurahan di Kecamatan Batu itu. Di bawahnya, dengan jumlah 12 orang, ada Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.

Dari jumlah akumulatif 132 orang itu, yang masih dirawat sampai saat ini adalah 93 orang. Untuk total masing-masing kecamatan, terbanyak Kecamatan Junrejo dan Batu. Masing-masing 36 pasien posiitif. Sedangkan Kecamatan Bumiaji mencapai 21 orang. 

Dari 93 orang itu, 13  menjalani perawatan di rumha sakit. Lalu 44 orang isolasi mandiri di rumah masing-masing dan 36 isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru.

Sedangkan jumlah pasien sembuh 32 orang dan 7 orang meninggal dunia. 

Kemudian orang tanpa gejala (OTG) mencapai 428 orang. Rinciannya, 72 dalam pemantauan, 3 orang isolasi di shelter, dan 357 orang selesai pemantauan. 

Baca Juga : Buntut Pasien Covid-19 Kabur, RSSA Perketat Pengawasan Ruang Isolasi

Kemudian orang dalam risiko (ODR) ada 8.645 orang. Rinciannya, 1.082 orang dalam pemantauan dan 7.563 orang selesai dipantau. 

Lalu orang dalam pengawasan (ODP) sejumlah 381 orang. Rinciannya,  56 masih dipantau dan 325 selesai pemantauan. 

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) terdapat 140 orang. Rinciannya, 47 dalam pengawasan, 81 orang selesai pengawasan, dan 12 orang meninggal dunia.

Sementara itu, di Kota Batu, dari 24 desa/kelurahan,  ada 6 desa/kelurahan yang warganya bebas dari covid-19. Yakni di Kecamatan Batu, ada Desa Oro-Oro Ombo. Di Kecamatan Bumiaji,  ada Desa Punten, Sumbergondo, dan Sumber Brantas. Dan di Kecamatan Junrejo, ada di Desa Torongrejo dan Junrejo.