Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk menekan angka kasus positif Covid-19 sepertinya makin sulit. Setiap hari, selalu saja ada tambahan pasien positif Covid 19. 

Hingga Selasa (14/7/2020), tercatat ada penambahan sebanyak 14 kasus baru yang menjadikan total warga Kota Malang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 360.

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyatakan, ke 14 tambahan kasus baru saat ini tersebar di semua wilayah Kecamatan di Kota Malang.

Di antaranya, dua orang laki-laki berusia 40 dan 37 tahun dari Kecamatan Blimbing. Kemudian 2 pasien laki-laki lagi berusia 40 dan 38 tahun dari Kecamatan Sukun.

Lalu, 3 warga tercatat dari wilayah Kecamatan Lowokwaru merupakan seorang laki-laki berusia 78 tahun dan dua orang perempuan berusia 44 dan 46 tahun. Selanjutnya seorang laki-laki usia 24 tahun dari wilayah Kecamatan Klojen.

"Serta yang terbanyak yaitu 6 warga dari wilayah Kecamatan Kedungkandang. Semuanya tercatat berjenis kelamin perempuan dengan usia 49 tahun sebanyak 2 orang. Lalu, usai 64, 60, 50, dan 19 tahun," imbuhnya.

Dari total jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Malang saat ini, pasien yang sembuh juga meningkat. Saat ini tercatat ada tambahan 2 orang. "Dengan tambahan itu, maka pasien yang dinyatakan sembuh totalnya sebanya 98 orang. Sedangkan yang meninggal dunia ada 27, dan yang masih dirawat sebanyak 235," terangnya.

Terpisah, berkaitan dengan lonjakan kasus positif Covid-19 yang terus menerus terjadi selain didominasi oleh klaster keluarga ada juga dari PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang naik kasus terkonfirmasi positif.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan hal ini yangmenjadi perhatian khusus oleh tim Gugus Satgas Covid-19 dan Pemkot Malang. 
Apalagi, dalam beberapa hari terakhir ini tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari PDP selalu meningkat.

"Ternyata penambahan-penambahan kasus di kita itu saya tanya ada 12 kemarin PDP. Maka sekarang ini yang jadi pantauan kita selain hasil tracing, tracking sudah dilakukan dari yang terkonfirmasi positif maka PDP juga menjadi perhatian," ungkapnya.

Sementara itu, kasus Covid-19 kategori PDP sampai saat ini juga terus meningkat. Kini totalnya menjadi 492 atau bertambah 17 dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 208 orang, yang masih dalam perawatan ada 240, dan meninggal dunia sebanyak 44.

Kemudian, untuk kategori ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 1039 atau berkurang 2 dibanding hari sebelumnya. Dengan rincian, 60 masih dalam tahap dipantau, 977 sudah selesai pemantauan, dan 2 dinyatakan meninggal.

Kemudian, untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) mengalami penambahan sebanyak 141 orang, kini totalnya menjadi 1.128. Sedangkan kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat ada penambahan sebanyak 132 dari hari sebelumnya, totalnya kini ada 3.860 kasus.