Kapolri melakukan video call langsung dengan personel Polresta Malang Kota yang menjadi relawan dalam pemulasaraan jenazah. (Ist)
Kapolri melakukan video call langsung dengan personel Polresta Malang Kota yang menjadi relawan dalam pemulasaraan jenazah. (Ist)

MALANGTIMES - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengapresiasi Kasat Intel Polresta Malang Kota Kompol Sutiono dan sejumlah personel Polresta Malang Kota. Pasalnya, mereka selalu terlibat pemakaman pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pantauan (ODP), hingga pasien positif covid 19.

Apresiasi tersebut ditunjukan kapolri dengan melakukan video call langsung dengan Kasat Intel Kompol Sutiono, Jumat 10 Juli 2020. Saat itu, Sutiono didampingi Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata.

Baca Juga : Polresta Malang Kota Usul Dua Kelurahan Diberlakukan Lockdown Lokal

Diawali dengan Kapolda Jatim Irjen  M. Fadil Imran yang menelepon kapolresta Malang Kota. Kapolda mengungkapkan bahwa kapolri akan mengapresiasi langsung dan ingin melakukan panggilan video call.

Menunggu panggilan video call dari kapolri, para personel saat itu juga tengah bersiap untuk memakai pakaian alat pelindung diri (APD) untuk memakamkan jenazah PDP di lokasi pemakaman TPU Sukun Nasrani.

Tepat pukul 12.44 WIB, melalui panggilan yang dilakukan kapolda Jatim ke HP kapolresta Malang Kota, kapolri langsung berbicara dengan kasat intel. Di situ kapolri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan personel Polresta Malang Kota.

Di awal tatap muka, kapolri mengucapkan selamat kepada para personel. Ia kemudian menanyakan pangkat dan jabatan kasat intel yang langsung dijawab tegas oleh Sutiono. Setelah itu, kapolri menginstruksikan agar tim atau personel yang terlibat untuk melapor ke kapolresta yang akan diteruskan ke kapolda.

"Anggota kasat intel Polresta Malang Kota, saya ucapkan selamat. Nanti dari tim kamu itu lapor ke kapolresta dan dari kapolresta langsung ke kapolda. Apa yang diinginkan akan difasilitasi. Salam buat teman yang lain," ujar kapolri.

Setelah berbicara dengan kasat intel, kapolri kemduian berbicara dengan kapolresta Malang Kota. Saat itu, ditegaskan kapolri bahwa ia telah menerima laporan dari kapolda Jatim terkait kegiatan sosial yang dilakukan personel Polresta Malang Kota.

"Saya sudah mendapat laporan dari kapolda. Nanti silahkan didata siapa timnya. Jadi apa yang mau diberikan reward-nya. Reward-nya nanti akan diberikan melalui kapolda. Saya juga bawa ini karo binkar," kata kapolri kepada kapolresta Malang Kota yang langsung siap menerima perintah tersebut.

Baca Juga : Diduga Dianiaya, ABK Indonesia Ditemukan Meninggal Dunia di Kapal China

Sementara, Kasat Intel Polresta Malang Kota Kompol Sutiono mengaku grogi ketika menerima atau video call langsung dengan kapolri. Dia juga tidak menyangka jika aksi sosialnya mendapat perhatian dari pimpinan tertinggi Polri.

"Saya grogi, nggak menyangka. Suatu kebanggaan apresiasi dari Bapak Kapolri. Saya mengucapkan banyak terima kasih," ucapnya.

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata menambahkan, apa yang dilakukan para personel selama ini adalah murni kegiatan sosial yang dengan ikhlas dilakukan.

"Selama ini, mereka tidak pernah mengharapkan apapun. Mereka juga tidak pernah menyampaikan permintaan apa pun kepada saya. Kami sangat berterima kasih atas apresiasi dari pimpinan tertinggi Polri," pungkasnya.