Umar Usman saat disela-sela acara Times Talk di Studio MalangTimes, Rabu (1/7/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Umar Usman saat disela-sela acara Times Talk di Studio MalangTimes, Rabu (1/7/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Bakal Calon Bupati Malang Umar Usman yang rencananya akan diusung oleh PKB (Partia Kebangkitan Bangsa) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020 merasa cocok jika disandingkan dengan kader internal PKB yakni Ali Murtadlo yang kabarnya menjadi pendamping Umar sebagai Bakal Calon Wakil Bupati. 

Ali Murtadlo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PKB di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang menyatakan kesiapannya dan akan patuh terhadap keputusan apapun dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKB jika nanti dirinya yang ditunjuk sebagai pendamping Umar di Pilkada Kabupaten Malang 2020.

Baca Juga : Usung Calon Sendiri, Golkar Optimistis Bisa Gandeng Gerindra, PKB dan Demokrat

Alasan Umar merasa cocok jika disandingkan dengan Ali Murtadlo, karena track record selama di organisasi Nahdlatul Ulama, dirinya sempat bersama di Satkorwil (Satuan Koordinasi Wilayah) Banser Jawa Timur.

"Saya ini sudah lama kenal beliau. Track record-nya di NU sudah lama. Saat saya menjadi (Ketua) Satkorwil Banser Jawa Timur, dia (Ali Murtadlo) menjadi wakilnya. Jadi cocok nanti kalau jadi Cawabup," tuturnya ketika dikonfirmasi pewarta, Kamis (9/7/2020).

Umar mengibaratkan dirinya dengan Ali Murtadlo seperti stop kontak dan lubang colokan yang bertemu dan pasti saat bertemu akan klik antar satu sama lain. Jadi jika nantinya dipasangkan akan cepat aktif dan berjalan beriringan.

Sementara itu, Umar berharap agar rekomendasi dari DPP PKB memutuskan nama pasangan calon yang akan berkontestasi di Pilkada Kabupaten Malang, yakni dirinya sendiri bersama Ali Murtadlo. 

"Ya saya berharap nantinya Gus Tadlo. Tapi nanti semua keputusan ada di DPP (Dewan Pimpinan Pusat)," ujarnya. 

Baca Juga : Rachmawati Soekarnoputri Menang Gugatan Soal Aturan Pilpres 2019, MA Disorot Soal Timing

Dengan pernyataan dari Umar yang lebih cocok jika disandingkan dengan Ali Murtadlo di Pilkada Kabupaten Malang 2020 serta harapannya agar nama yang keluar di rekomendasi dari DPP PKB adalah namanya disandingkan dengan Ali Murtadlo semakin menguatkan dan meyakinkan informasi yang beredar.

Hal itu menjadi pertanda bahwa PKB akan mengusung Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati sendiri tanpa dukungan partai lain. Karena memang dengan 12 kursi, PKB dapat mengusung pasangan calon sendiri.