Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Jumlah lonjakan kasus positif Covid-19 di Kota Malang catat rekor baru. Hingga Senin (6/7/2020) ada penambahan sebanyak 21 pasien baru.

Angka tersebut termasuk jumlah kenaikan kasus tertinggi dalam penambahan setiap harinya sejak Kota Malang terjangkit Covid-19 pada Maret 2020 lalu. Dengan bertambahnya kasus baru ini, maka total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang mencapai angka 278.

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyatakan, dari 21 penambahan kasus positif Covid-19 hari ini didominasi adanya kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. "Ada 12 pasien memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya," jelasnya.

Kemudian, tiga pasien sebelumnya tercatat sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Sedangkan 6 lainnya masih dalam tahap penelusuran pendataan lebih lanjut.

"Yang tiga pasien sebelumnya merupakan PDP yang baru keluar hasil swab nya hari ini. Sedangkan yang 6 masih dalam penelusuran lebih lanjut," imbuhnya.

Dari bertambahnya pasien saat ini, sebelumnya pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 70. Sedangkan yang meninggal dunia hingga hari ini tercatat ada 23 orang, sisanya masih dalam tahap perawatan.

Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyebut pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia rata-rata memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta seperti, Jantung, Diabetes, Hipertensi, dan lainnya.

"Sebagian besar untuk kasus terkonfirmasi positif yang meninggal dunia di Kota Malang karena ada riwayat komorbid," ungkapnya.

Karenanya ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan menjaga kondisi imunitas tubuhnya terutama bagi yang memiliki riwayat komorbid agar terhindar dari Covid-19.

"Karena virus itu tergantung dari daya tahan tubuh. Kalau yang memiliki riwayat penyakit sebelumnya ini bisa mengelola kesehatannya, daya tahan tubuhnya bagus maka virus tidak bisa berkembang, dan tidak akan menimbulkan gejala," terangnya.

Sementara itu, kasus Covid-19 juga ada penambahan di beberapa kategori lainnya. Seperti, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 1.005 atau bertambah 5 dibanding hari sebelumnya. Dengan rincian, 44 masih dalam tahap dipantau, 959 sudah selesai pemantauan, dan 2 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP totalnya menjadi 417. PDP yang dinyatakan sehat ada 208 orang, yang masih dalam perawatan ada 171, dan meninggal dunia sebanyak 38.

Kemudian, untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) mengalami penambahan sebanyak 50 orang, kini totalnya menjadi 834. Sedangkan kategori ODR (Orang Dalam Risiko) juga tercatat ada penambahan sebanyak 244 dari hari sebelumnya, totalnya kini ada 3.408 kasus.