Zero Waste (Sabigaju.com)
Zero Waste (Sabigaju.com)

MALANGTIMES - Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota MalangĀ berharap masyarakat bisa menerapkan perilaku Zero Waste secara berkala agar bisa menjadi kebiasaan. Dengan demikian nantinya bisa menular kepada masyarakat lainnya.

Hal itu dikarenakan Zero Waste atau bebas sampah yang saat ini digalakkan oleh DLH Kota Malang belum begitu dipahami oleh masyarakat secara umum. Padahal mampu membuat Kota Malang bisa mengurangi jumlah sampah karena bisa diolah berdasarkan jenisnya.

Baca Juga : Tambah Pemanfaatan Biogas untuk 500 KK, Pemkot Batu Siapkan Rp 400 Juta

Salah satu cara mengolahnya yakni dengan membiasakan masyarakat untuk memilah sampah dari rumah, sehingga petugas kebersihan dari DLH Kota Malang bisa dengan cepat untuk membawanya dan kemudian mengolahnya.

"Zero Waste adalah perilaku yang harus dilakukan masyarakat secara berkala. Karena jika hanya dilakukan dalam waktu sebentar akan mengakibatkan kebosanan dan tidak terulang kembali," ujar Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Rahmat Hidayat.

Tambah Rahmat, dirinya mengaku bahwa Zero Waste harus dilakukan secara tuntas, karena jika tidak akan menimbulkan permasalahan baru dalam konteks sampah.

"Kunci dari Zero Waste adalah menyelesaikan masalah tanpa masalah. Jangan sampai sampah itu dialihkan ke masalah, tapi kita tuntaskan," jelas Rahmat.

Baca Juga : Kemarau, Sebagian Kecil Wilayah Malang Diprediksi Miliki Kapasitas Air Tanah Sedang

Sementara itu, Rahmat juga menilai antusias masyarakat sangat tinggi ketika DLH Kota Malang menggelar seminar web atau webinar. Hal itu dibuktikan saat webinar pertama bulan lalu, dari kuota 50 orang, hampir 100 orang sudah mengikuti webinar tersebut.

"Partisipan cukup banyak, itu membuktikan antusias masyarakat sangat bagus. Saat pendaftaran webinar baru dibuka belum sampai 3 jam, pendaftar sudah mencapai lebih dari 100 orang," kata Rahmat mengakhiri.