Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima penghargaan predikat WTP (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima penghargaan predikat WTP (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali mengukir prestasi di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, Kota Pendidikan ini berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dengan demikian, Pemkot Malang berhasil meraih predikat WTP untuk Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 selama sembilan kali secara berturut-turut. Tentunya ini menjadi angin segar bagi pemerintah di tengah pandemi Covid-19 yang cukup mencekik.

Wali Kota Malang, H. Sutiaji menerima secara resmi laporan tersebut dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Joko Agus Setyono. Hal itu tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi Kota Malang.

Baca Juga : Setengah Tahun, Target Pendapatan Pajak Daerah Lampaui 50 Persen

 

"Meski demikian, Pemerintah Kota Malang akan terus mempertahankan predikat tersebut dengan peningkatan kinerja, transparansi dan akuntabel pada pelaporan keuangan daerah," ujar Sutiaji saat menerima penghargaan di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/6/2020).

Kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim BPK selama ini menurutnya selalu disambut terbuka. Pemkot Malang selalu kooperatif dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan.

Sutiaji menjelaskan, Pemkot Malang sangat memahami pemeriksaan yang dilakukan oleh tim BPK berjalan secara profesional dan independen serta memberikan rekomendasi yang konstruktif.

Laporan hasil pemeriksaan ini adalah untuk memenuhi ketentuan UU Nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang mewajibkan BPK untuk menyampaikan laporan hasil pemeriksaan kepada DPRD, Bupati dan Wali Kota.

Baca Juga : Soroti Amarah Jokowi pada Menterinya, Tengku Zul: Pak Presiden Geram? Apalagi Rakyat

 

"Semoga ke depan kita dapat terus mempertahankan sekaligus meningkatkan pelayanan kita pada masyarakat dan menyajikan laporan keuangan daerah secara maksimal. Saya berharap seluruh perangkat daerah dapat terus berinovasi dan berkarya untuk mencapai tujuan dimaksud," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Rimzah dan Abdurahman.