Suasana pertemuan Hari Aspirasi Fraksi PKS DPRD Kota Malang bersama perwakilan OKP di Kota Malang, Senin (29/6). (Foto: Dokumentasi Fraksi PKS).
Suasana pertemuan Hari Aspirasi Fraksi PKS DPRD Kota Malang bersama perwakilan OKP di Kota Malang, Senin (29/6). (Foto: Dokumentasi Fraksi PKS).

MALANGTIMES - Program Hari Aspirasi Fraksi PKS DPRD Kota Malang yang rutin digelar di minggu ke empat setiap bulannya menyasar pada Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Mengambil tema 'Peran Pemuda dalam Percepatan Penanggulangan Covid- 19 di Kota Malang', acara tersebut dilangsungkan kemarin (Senin, 29/6/2020) di ruang aspirasi Fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Perwakilan masing - masing OKP, mulai dari Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kota Malang, KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Daerah Malang, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Cabang Kota Malang, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Cabang Malang, Pemuda Muhammadiyah Malang, Gema Keadilan Kota Malang, serta Garuda Keadilan Malang, dan PKS MUDA menyampaikan beberapa aspirasi.

Diantaranya, upaya pemerintah terhadap peningkatan angka kasus positif Covid-19 yang menjadikan membludaknya pasien di rumah sakit dan evalusi penerapan transisi new normal.

Dampak sosial bagi masyarakat akibat pandemi seperti pengangguran yang meningkat karena di PHK hingga dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang dinilai belum tepat sasaran.

Tingkat kedisiplinan masyarakat yang masih abai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terutama di pasar tradisonal. Sosialisasi yang dinilai masih lemah kepada masyarakat, dengan masih adanya penolakan jenazah terkonfirmasi positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Serta keterlibatan pemuda dalam penanganan Covid-19 yang dianggap masih kurang dan masih banyak hal lainnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono menyampaikan apresiasinya atas masukan, keluhan, aduan hingga persoalan yang disampailan oleh OKP tersebut.



Hal ini sebagai satu langkah untuk perbaikan pengelolaan Pemerintahan Daerah Kota Malang dalam percepatan penanganan Covid-19.

"Kami Fraksi PKS sangat mengapresiasi keterlibatan dan peran pemuda dalam percepatan penanggulangan Covid- 19 di Kota Malang," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam hal ini Wali Kota Malang Sutiaji harus lebih optimal lagi dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kota Malang.

"Terutama tiga hal penting dan mendasar, pada bidang kesehatan, ekonomi dan pendidikan," imbuhnya.

Waki Ketua Fraksi PKS Kota Malang, Rokhmad menyatakan keterlibatan pemuda dinilai sangat penting dalam penanganan percepatan Covid-19. Dalam hal ini, Pemkot Malang perlu bersinergi untuk merumuskan bersama dan saling berbagi peran satu dan lainnya.

"Perlu saling berbagi peran dan peluang kepemudaan dengan Pemerintah Kota Malang sangat penting. Sehingga ada komunikasi dua arah antara pemuda dan Pemkot Malang dalam setiap rencana percepatan penanganan Covid-19 yang akan dilaksanakan," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari IMM Ridwan mengatakan kegiatan aspirasi yang digelar Fraksi PKS disambut dengan baik. Sebab, tak perlu lagi harus berpanas-panasan di lapangan untuk menyampaikan kritik ataupun saran terhadap pemerintah.

"Kali ini sangat berbeda karena kami diundang dengan terbuka, bertatap muka dan menyampaikan aspirasi secara langsung kepada anggota dewan. Semoga acara Hari Aspirasi seperti ini bisa dilakukan oleh semua fraksi yang ada di DPRD Kota Malang," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut turut dihadiri pula oleh seluruh anggota Fraksi PKS DPRD Kota Malang yang lainnya. Yaitu, Wakil Ketua II DPRD Kota Malang Asmualik, Sekretaris Fraksi PKS Ahmad Fuad Rahman, Anggota Fraksi PKS Bayu Rekso Aji, dan Akhdiyat Syabril Ulum.