Presiden Joko Widodo (Foto:  BBC)
Presiden Joko Widodo (Foto: BBC)

MALANGTIMES - Presiden Joko Widodo kembali menjadi perbincangan publik di media sosial.  Pasalnya, aksi Jokowi yang marah-marah terhadap para menteri menjadi viral.  

Kemarahan Jokowi itu terekam dalam video sidang kabinet melalui channel YouTube Sekretariat Presiden Minggu (28/6/2020). Jokowi marah lantaran menganggap kinerja menterinya kurang maksimal dalam menangani kasus Covid-19.  

Baca Juga : Perkara Kebun Jeruk di Selorejo Terus Memanas, Kuasa Hukum Petani Berikan Penjelasan

 

Bahkan, Jokowi mengancam akan melakukan resuffle terhadap Kabinet Indonesia Maju. Terkait viralnya video Jokowi itu, berbagai spekulasi pun muncul.  

Kali ini muncul dugaan jika aksi Jokowi tersebut bisa jadi sebagai pengalihan isu RUU Haluan Ideologi Pancasial (HIP). Hal tersebut disampaikan oleh politikus Partai Demokrat Irwan Fecho.  

Irwan mengatakan jika kemungkinan adanya kaitan video Jokowi marah-marah dengan ribut-ribu soal RUU HIP hingga ancaman krisis ekonomi.  

Dikatakan Irwan semua itu saling berhubungan. "Jangan-jangan ini untuk mengalihkan masyarakat dari masalah fundamental yang sepatutnya menjadi perhatian rakyat," ujar Irwan.  

Selain itu, aksi Jokowi juga disebut sebagai sinyal keras kepada partai-partai koalisi pendukung pemerintah.  

Baca Juga : Viral, KTP Warga Sawojajar Ditahan 14 Hari, Ini Penjelasan Kasatpol PP Kota Malang

 

Juga sebagai isyarat bagi pimpinan lembaga negara yang tak berbuat apa-apa di tengah pandemi Covid-19, salah satunya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).  

"Kalau Jokowi menyampaikan akan lakukan apa saja untuk rakyat termasuk membubarkan lembaga tentu, termasuk BPIP," ujar Irwan.