Wali Kota Malang Sutiaji saat menghadiri peresmian Kampung Tangguh di Perumahan Riverside (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji saat menghadiri peresmian Kampung Tangguh di Perumahan Riverside (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Jumlah kampung tangguh semeru di Kota Malang kembali bertambah. Kali ini penambahan itu ditandai dengan peresmian kampung tangguh di perumahan Riverside, Sabtu (27/6/2020).

Peresmian acara tersebut digelar secara meriah di kawasan RW 05 Perumahan Riverside Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Baca Juga : Hari Ini 1 Pasien Sembuh, Kasus Baru Positif Covid-19 di Kota Malang Bertambah 4

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, perumahan Riverside pada dasarnya telah menjadi perumahan yang tangguh. Ketangguhan tersebut telah terlihat jauh hari sebelum dilaksanakan peresmian tersebut.

"Hal ini dibuktikan dengan kesigapan warganya dalam menangani dan mendampingi warganya yang berstatus konfirm positif dalam menjalani karantina mandiri," ujar Sutiaji.

Sutiaji menyampaikan, ketangguhan warga perumahan Riverside patut ditiru oleh masyarakat Kota Malang lainnya. Pasalnya, warga di perumahan tersebut sangat disiplin dalam penerapan protokol covid-19. Warga jugabahu membahu memberikan bantuan, baik logistik maupun spirit kepada terangganya yang sedang karantina mandiri.

"Itu semua wujud nyata ketangguhan lingkungan di sini," terangnya.

Pria berkacamata itu berharap, upaya-upaya yang dilakukan oleh warga setempat agar mampu terus menekan penyebaran virus Covid-19 di Kota Malang.

"Segera mengembalikan Kota Malang di zona hijau adalah tujuan utama kita bersama," tegas Walikota yang akrab disapa Pak Aji itu.

Baca Juga : Lagi, Satu Nakes Tercatat Positif Covid-19 di Kota Malang

Sementara itu, Ketua RW 05 Kelurahan Balearjosari, Sugiyanto Kasidi memaparkan berbagai upayanya dalam mendampingi warga yang telah menjalani karantina mandiri.

"Sejak warga saya mengabarkan bahwa ia terpapar Covid-19, kami semua telah secara berkala mengirimkan makanan dan kebutuhan lainnya yang diperlukan, semua itu dilakukan agar selama menjalani masa karantina, kebutuhannya terpenuhi serta ia dan keluarganya tidak perlu keluar rumah," jelasnya.

Lebih jauh dia menyampaikan jika usaha lain yang dilakukan adalah dengan melakukan pengawasan serta terus berkomunikasi pada pasien covid itu untuk memantau perkembangan kesehatannya di rumah. Selanjutnya, secara bergilir dilakukan iuran untuk memasok kebutuhan mereka.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji juga mengunjungi dan melihat kondisi warga yang melakukan karantina mandiri dengan tetap menjaga jarak dari luar rumahnya saja. Dukungan dan support dilontarkan orang nomor satu di Kota Malang tersebut, termasuk juga memberikan suplemen herbal agar pasien lekas sembuh.