Menikah (Foto:  inews.co.uk)
Menikah (Foto: inews.co.uk)

MALANGTIMES - Mahar atau mas kawin menjadi salah satu syarat yang harus disiapkan oleh pria. Mahar bisa diberikan dalam berbagai macam bentuk. Bisa dalam bentuk uang tunai, emas maupun seperangkat alat salat.  

Namun, baru-baru beredar kisah pernikahan yang membuat penghulu tersentuh lantaran melihat mahar pernikahan. Bukannya mewah atau mahal, namun mempelai perempuan hanya meminta mahar penikahan sebesar Rp 500. Tak ayal kisah itu pun menjadi viral di media sosial (medsos).  

Baca Juga : Viral Aksi Warganet yang Sulap Gelang Emas Jadi Cantolan Masker: Orang Kaya Beda Yes!

Kisah tersebut diunggah melalui akun facebook bernama Arya Saun Jaya. Dalam keterangannya Arya mengaku baru kali ini menikahkan pasangan dengan mahar Rp 500.  

"Unik mungkin dari jutaan wanita baru dia yg mahar maskawin nya minta 500 rupiah pada pernikahannya. Dan selama 5 tahun lebih saya jadi penghulu baru sekali ini saya menikahkan pasangan dengan maskawin nya hanya 500 rupiah," ujarnya. 

Lebih lanjut Arya mengatakan semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi para wanita.

"Semoga ini buat contoh yg baik buat para wanita..agar tidak pernah memberatkan calon suaminya dalam hal mahar.. NB. Dari hampir ribuan pasang yg menikah lewat majelis ta;aruf baru pengantin ini yg mahar nya paling murah," tutup Arya.

Viral Pasangan Menikah dengan Mahar 500 Rupiah (facebook.com/Arya Saun Jaya)
Foto: Facebook Arya Saun Jaya

 

Tak ayal unggahan Arya itu pun langsung mencuri perhatian warganet. Sebagian dari mereka salut dengan jumlah mahar yang diberikan. Berbagai komentar pun memenuhi akun Arya Saun Jaya.

@Rin Nohara : "Mungkin sang istri berpikir acara pesta megah hanya untuk sehari menghabiskan uang hingga jutaan. Dari pada di buat untuk berpoyah² meksipun acara khusus, ya lbih baik uangnya untuk gunakan yg lbih penting misalnya beli rumah atau untuk keperluan hidup kedepannya ."

@Wira Atmaja : "Subhanallah... Semoga allah memberkahi mereka. Aamiin."

Baca Juga : Cukup Ribet! Berikut Sederet Aturan Mandi yang Harus Dipatuhi Ratu Elizabeth II

@Wei Chen Rifki : "Respect Saya sangat salut sama kedua pengantin. Saling menerima apa adanya dan sederhana. Respect Dan semoga jadi keluarga Sakinah mawadah warohmah."

Namun ada juga yang menilai jumlah mahar tersebut keterlaluan.

@Della Utomo : "500 perak ? Yg bener aja . Ini sih tentang kamu hargain ortu nya apa ga yg selama ini udh kasih yg terbaik buat anaknya . Emang bener perempuan itu jangan memperberat mahar , tapi balik lagi harga diri laki disini juga dipertaruhkan , hargai dong ortu dan perempuannya."

@Shofia Febrianti : "Kok ada yah? Ya gpp si kalo ortu kedua belah pihak restuin, tp itu anak org loh masa maharnya segitu, apa ga kebangetan ngambil yg digedein dgn susah payah diganti gope? Ga memberatkan sih iya, tp mungkin aga gimana ya menurutku."

@Yaa Humaira : "Berikanlah mahar yg baik dan yg kamu miliki lagi mudah... Mudah bukan berarti murah lo yaa ? Bedakan mudah dan murah.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk
Facebook : Arya Saun Jaya