Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

23 Warganya Terjangkit Covid-19, Kelurahan Bunulrejo Kini Miliki Kampung Tangguh

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Lazuardi Firdaus

24 - Jun - 2020, 18:01

Peresmian Kampung Tangguh RW 14 Kelurahan Bunulrejo Kota Malang (Istimewa)
Peresmian Kampung Tangguh RW 14 Kelurahan Bunulrejo Kota Malang (Istimewa)

MALANGTIMES - Setidaknya 23 warga di Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang telah terjangkit Covid-19. Hal itu membuat Kelurahan Bunulrejo menjadi salah satu kawasan dengan klaster keluarga terbanyak di Kota Malang.

Proses tracking dan treatment untuk mencegah penyebaran agar tak meluas pun terus dilakukan. Untuk memperkuatnya, kali ini juga telah diresmikan Kampung Tangguh RW 14 Kelurahan Bunulrejo.

Baca Juga : Pasien Dalam Pengawasan Tambah 3, Jadi 101 Orang di Kota Batu

Peresmian dilakukan langsung oleh Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson. Dalam sambutannya, Tommy menjelaskan, pembentukan kampung tangguh bertujuan untuk membentuk ketangguhan bagi masyarakat dari berbagai aspek.

Mulai dari ketahanan pangan, kesehatan, keamanan, sumber daya manusia (SDM), psikologi, informasi, budaya, dan sosial. Di mana selama pandemi ini, semua unsur harus diperkuat. Sehingga masyarakat dapat hidup dalam satu lingkungan dengan selalu mengutamakan kebersamaan.

"Dengan adanya kebersamaan, maka akan ada rasa saling peduli menghadapi kondisi saat ini," katanya.

Dia juga menjelaskan jika pandemi Covid-19 masih belum selesai. Sehingga, meskipun saat ini sebagian besar masyarakat sudah mulai jenuh hanya berada di rumah saja, diharapkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan sesuai anjuran yang ada.

"Karena saat ini, pertambahan kasus konfirmasi positif setiap hari di Jawa Timur lebih dari 200 orang," ungkap Tommy.

Lurah Bunulrejo Yuke Siswanti menambahkan, dengan dilaunchingnya Kampung Tangguh RW 14 Kelurahan Bunulrejo tersebut diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan rasa kebersamaan masyarakat. Karena selama pandemi, gotong royong dan kebersamaan menjadi kunci yang paling utama.

Penguatan sosial juga diharapkan semakin ditingkatkan dengan adanya Kampung Tangguh RW 14 tersebut. Dalam berbagai kondisi, masyarakat bisa selalu bergandengan tangan dan saling membantu satu sama lain.

"Penguatan dan kebersamaan juga diwujudkan melalui lumbung pangan," terangnya.

Lumbung pangan itu sendiri adalah untuk menyediakan berbagai kebutuhan pokok bagi masyarakat. Sehingga, masyarakat yang membutuhkan dapat saling membantu untuk mengolah makanan yang disediakan di setiap lumbung pangan yang ada.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan  tersebut adalah Kapolsek Blimbing kompol Heri Wahyu Widodo dan Sekretaris Camat Blimbing Aryadi Wardoyo. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh masyarakat sekitar yang mendapat pengarahan langsung dari Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Lazuardi Firdaus