Terlelap Tidur, Remaja 12 Tahun Tewas saat Rumahnya Terbakar

Jun 24, 2020 15:29
Warga dan petugas sedang bergotong royong membantu memadamkan api yang telah melalap rumah di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Rabu (24/6/2020). (Foto: Istimewa)
Warga dan petugas sedang bergotong royong membantu memadamkan api yang telah melalap rumah di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Rabu (24/6/2020). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kabar duka menyelimuti keluarga Mashuri (51) saat tahu rumahnya yang berada di Dusun Kebonagung RT. 13/RW. 02, Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, dilalap si jago merah dan menelan korban jiwa yakni AD (12) pada hari Rabu (24/6/2020). 

Kepala Desa Tamanharjo, Sumardi menuturkan, bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. AD (12) saat kebakaran berlangsung sedang berada di rumah dalam kondisi sendirian. Dirinya sedang tertidur pulas di dalam kamarnya. Sedangkan orang tua dan kakek korban sedang bekerja saat kebakaran berlangsung. 

Baca Juga : Hingga Tengah Tahun, Jumlah Kebakaan di Kabupaten Malang Naik Dibanding 2019

"Jadi posisinya korban tidur di rumahnya, sendirian. Terus terjadi konsleting di rumahnya dan terjadi kebakaran. Saya pun mendapat laporan warga bahwa apinya sudah besar," ujarnya ketika dikonfirmasi awak media, Rabu (24/6/2020). 

Akibat dari puing-puing bangunan yang terbakar cukup banyak, menyebabkan warga kesulitan untuk mengevakuasi AD (12) yang sedang berada di dalam rumah tersebut. 

"Puingnya banyak dan kami sempat ingin menolong juga takut. Akhirnya kami dengan peralatan seadanya mencoba untuk memadamkan api," ujar Sumardi.

Sumardi juga mengatakan, bahwa saat api sudah mulai padam, akhirnya warga memberanikan diri untuk mengevakuasi AD (12) yang sudah dalam keadaan terbakar di sekujur tubuhnya. 

"Akhirnya ketika api agak padam kami selamatkan AD yang sudah terkena luka bakar di sekujur tubuhnya hampir 40% seperti di lengan dan kaki. Terus kami bawah ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia," katanya. 

Terpisah saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto menuturkan, bahwa mobil pemadam kebakaran Kabupaten Malang datang sekitar pukul 09.00 WIB dengan menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran. 

"Akhirnya (api, red) berhasil kami padamkan setengah jam kemudian," tuturnya.

Baca Juga : Dihantam Truk, Pengendara Motor Tewas di Lokasi Kejadian

Dari olah kejadian, Goly mengungkapkan, bahwa kerugian yang dialami oleh Mashuri selaku pemilik rumah diperkirakan sekitar 50 juta akibat dari kebakaran yang juga menelan korban jiwa tersebut. 

"Sudah runtuh atapnya dan ada beberapa ruangan yang terbakar hangus. Kami taksir sekitar 50 juta terkait kerugian material," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita MalangKebakaran rumahWarga Singosariperistiwa kebakaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru