Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Iklim Investasi Melemah, Pemkot Malang Pilih Beri Stimulus Bagi Pengusaha Baru

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Lazuardi Firdaus

16 - Jun - 2020, 18:30

Wali Kota Malang Sutiaji (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Iklim investasi di Kota Malang mengalami pelemahan akibat pandemi Covid-19. Sehingga, berbagai upaya untuk menstimulus perputaran ekonomi terus dilakukan. Salah satunya dengan memberikan beberapa kelonggaran bagi para pengusaha.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, recovery atau pemulihan ekonomi selama pandemi covid-19 ini memang harus dilakukan secara perlahan. Langkah dan upaya yang diambil harus tetap dengan kondisi dan data yang ada di masyarakat.

Baca Juga : Miliki Ruang Cukup Ekspansi Kredit, Kepala OJK Jatim: Etika Profesionalitas Bankir Dijaga

"Seperti dalam data kita kan terlihat, sektor mana saja yang pergerakannya positif, itu yang didorong," katanya, Selasa (16/6/2020).

Dia menjelaskan, salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan selama pandmei Covid-19 ini adalah sektor usaha makanan dan minuman. Peningkatannya pun mencapai 123 persen, dan memang cukup menggembirakan.

Sehingga, sektor mamin terus didorong untuk mengalami pertumbuhan. Dengan begitu, ia optimis pemulihan ekonomi akan berjalan lancar. Termasuk nantinya akan berpengaruh signifikan pada iklim investasi di Kota Pendidikan ini.

"Termasuk bisnis online, selama pandemi ini juga banyak peningkatannya," terangnya.

Pria berkacamata itu juga menyampaikan jika berbagai kemudahan untuk memulai usaha, terutama bagi pemula diberikan selama pandemi Covid-19 ini. Mulai dari pembebasan pajak hingga retrisbusi atau sejenisnya.

Baca Juga : Sri Mulyani: Indonesia Terus Kembangkan Infrastruktur Teknologi Digital

Dengan harapan, para pengusaha dapat menjalankan usahanya dengan maksimal. Selain itu juga akan menggerakkan masyarakat untuk berbelanja sebagaimana kebutuhannya.

"Pelonggaran-pelonggaran untuk recovery ekonomi kita akan terus dijalankan dan dimaksimalkan," pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang mencatat, iklim investasi di Kota Malang mengalami penurunan cukup signifikan selama pandemi Covid-19. Penurunan terjadi salah satunya dikarenkan banyaknya tempat usaha seperti rumah makan hingga hotel yang tutup.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Lazuardi Firdaus