DLH Kota Malang Harap Masyarakat Sadar dan Bijak Kelola Sampah

Jun 14, 2020 19:42
Aktivitas di TPA Supit Urang. (foto dok MalangTIMES)
Aktivitas di TPA Supit Urang. (foto dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masuk  masa new normal, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang berharap masyarakat bisa bijak mengelola sampah. Hal itu digaungkan karena saat ini masih banyak orang yang tidak sadar akan kebersihan lingkungan.

Misalnya pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) beberapa waktu lalu, jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Malang tidak berkurang. Padahal, aktivitas di luar rumah juga berkurang.

Baca Juga : Webinar Zero Waste DLH Kota Malang Diminati Pegiat Lingkungan Luar Daerah

Di Kota Malang, petugas kebersihan setiap hari mengangkut kurang lebih 500 sampai 550 ton sampah, baik dari jalanan ataupun dari permukiman warga.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho atau yang akrab disapa Joe, saat PSBB lalu memang benar sampah  berkurang di jalanan. Namun banyak masyarakat yang memesan makanan dari rumah sehingga jumlah sampah yang dihasilkan tidak berkurang.

"Saat PSBB sebenarnya jumlah sampah tidak berkurang, karena masyarakat banyak yang pesan makanan lewat rumah. Jadi, sampah plastik itu ya cukup banyak," ujar Joe.

Di sisi lain, Kepala DLH Kota Malang Rinawati sangat berharap masyarakat bisa lebih bijak mengelola sampah. Sebab, akan banyak manfaat yang dihasilkan saat masyarakat bisa bijak mengelola sampah.

Baca Juga : DLH Kota Malang Bahas Bersih Bebas Sampah di Kampung dan Sekolah lewat Webinar

"Kalau kesadaran membuang sampah memang seharusnya sudah timbul dari masyarakat. Dan bijak mengelola sampah itu yang harus mulai ditumbuhkan pada diri masyarakat," ungkap Rinawati.

Topik
Berita MalangTPA Supit UrangTPA Supit Urang Kota MalangDLH Kota MalangUPT Pengolahan Sampah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru