DLH Kota Malang Bahas Bersih Bebas Sampah di Kampung dan Sekolah lewat Webinar

Jun 11, 2020 13:42
Pengumuman webinar DLH Kota Malang. (DLH Kota Malang for MalangTIMES)
Pengumuman webinar DLH Kota Malang. (DLH Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bersih bebas sampah atau zero waste. Itulah topik seminar web (webinar) yang akan digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh tepat pada 5 Juni 2020.

Talkshow bertajuk Zero Waste pada Lingkungan Kampung dan Sekolah itu berlangsung Kamis 18 Juni 2020 mendatang. Narasumbernya adalah Kepala DLH Kota Malang Dra Rinawati MM, Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Malang Rahmat Hidayat ST MLing, dan Direktur The Development of Awareness (DOA) Oeliva Iswandi.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Jumlah Sampah Kota Batu Berkurang 25 Persen

Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Malang Rahmat Hidayat mengatakan, webinar itu diselenggarakan untuk mengurangi perkumpulan yang biasanya diselenggarakan DLH untuk membina kader lingkungan, baik di sekolah ataupun di kampung-kampung.

"Webinar itu dalam menghadapi covid-19. Memang kami mengurangi perkumpulan. Dan pada kesempatan new normal ini, kami mengadakan perkumpulan. Salah satunya dengan webinar. Kami ikut dan mengubah pola berkumpul dengan seminar web yang saat ini menjadi tren," ungkap Rahmat saat dijumpai di ruangannya, Kamis (11/6/2020).

Selain itu, DLH melihat bahwa efektivitas dan efisiensi webinar yang akan digelar tersebut sangat bagus. Sebab, pihaknya bisa memantau perkembangan lingkungan di Kota Malang dan bisa mendapatkan informasi terbaru terkait kondisi lingkungan di tengah masyarakat.

"Jadi, kami di DLH, terutama saya di bidang penataan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup, membuat studio untuk talkshow fasilitas sosialisasi untuk memberikan wawasan kepada binaan kami yang sejak ada covid-19 ini jarang bertemu. Akhirnya kami menemukan solusi dengan menggelar webinar," kata Rahmat.

Baca Juga : Bupati Sanusi Sebut TPST Mulyoagung Bisa Jadi Percontohan, Ini Buktinya

Dengan kegiatan webinar itu, DLH Kota Malang berharap kader lingkungan, pengelola bank sampah, komunitas lingkungan, sekolah, dan kampung-kampung bisa tetap mendapatkan motivasi untuk meningkatkan lingkungannya agar tetap lebih baik, terutama dalam hal pengolahan sampah.

"Sebelum ada covid-19, mereka memiliki program seperti Adiwiyata, Kampung Bersinar. Tapi kini tidak jalan. Karena itu, dengan webinar ini, minimal untuk tetap melihat perkembangan lingkungan," ucapnya. 

Topik
DLH Kota MalangBersih Bebas Sampahwebinar zero wasteDra Rinawati MMBerita Malangberita malang hari ini
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru