Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat me-launching Aspol Tangguh di Aspol Kawi. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat me-launching Aspol Tangguh di Aspol Kawi. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Upaya membebaskan Kota Malang dari penyebaran covid-19 terus dilakukan Satgas Covid-19 yang terdiri dari TNI, Polri, dan Pemkot Malang. Hal itu dilakukan dengan kembali menginstal lokasi-lokasi tangguh dalam menghadapi virus covid-19.

Selain  lokasi perkampungan dan pusat perbelanjaan, asrama polisi (aspol) Polresta Malang Kota, yakni Aspol Kelud dan Aspol Kawi, juga diinstal menjadi lokasi tangguh dalam menghadapi virus yang telah mewabah di dunia itu.

Ditandai dengan pukulan kentongan, Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata hari ini, Sabtu (13/6/2020), me-launching dua asrama polisi menjadi aspol tangguh yang ketat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam melawan covid-19.

Baca Juga : Viral Pol, Menko PMK Marah kepada DPR

 

" Ini merupakan tanggung jawab saya. Ketika di akhirat nanti, saya akan ditanya, kamu berbuat apa untuk anak buahmu dan kamu berbuat apa untuk keluarga besarmu Polri," ujarnya.

Menurut Leonardus,  di-launchingnya aspol tangguh ini merupakan salah satu perhatian dari Polri dalam menjaga personel maupun keluarganya dari wabah covid-19.

Protokol kesehatan yang teraplikasi di aspol tangguh benar-benar dijalankan. Mulai sering mencuci tangan menggunakan sabun, pengecekan suhu badan dengan menggunakan thermo gun, dan memakai masker  wajib diterapkan ketika memasuki ataupun keluar dari aspol.

 Aspol tangguh ini juga dilengkapi dengan ruang isolasi. Ruang isolasi itu akan ditempati oleh mereka yang terindikasi atau mengalami gejala-gejala covid-19.

"Ini juga sesuai instruksi Pak Kapolri, Pak Kapolda. Kapolda menyampaikan bahwa disiplin itu kunci dan obat covid-19. Jaga kesehatanmu, jaga kesehatan anggotamu dan keluarganya. Itu yang penting," tandas Leonardus.

Baca Juga : Sempat Bikin Geger karena Hilang, Gadis Bandung Bernama Syifa Akhirnya Ditemukan

 

Kapolresta juga menyampaikan kepada para ketua aspol  untuk segera menindaklanjuti ke langkah selanjutnya manakala mendapati anggota yang memiliki gejala  covid-19. Itu sebagai antisipasi pencegahan penularan di lingkungan aspol.

"Saya sampaikan ke paur kesehatan, jika ada anggota yang suhu tinggi, tidak bisa menelan, atau tidak bisa merasakan apa pun, langsung dilakukan rapid," ujar Leonardus.

Di-launchingnya dua aspol tangguh itu juga disertai bantuan sembako untuk semakin memperkuat lumbung pangan di aspol tangguh.

Launchin  dua aspol menjadi aspol tangguh ini menambah banyak lokasi-lokasi tangguh yang telah diinstal Satgas Covid-19 Kota Malang dalam melawan wabah yang mendunia itu.