Alun-Alun Kota Batu saat tutup. (Foto: istimewa)
Alun-Alun Kota Batu saat tutup. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bagi sebagian masyarakat pasti rindu dengan salah satu ikon wisata di Kota Batu, yakni Alun-Alun Kota Batu. Bagi yang sudah merindukan dengan tempat wisata yang tidak dipungut biaya itu Pemkot Batu berencana membuka Alun-Alun Kota Batu.

Hanya saja, saat ini Pemkot Batu masih mempersiapkan kesiapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Rencananya dibuka mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Baca Juga : Kabupaten Malang Siapkan Protap Kesehatan sebelum Objek Wisata Kembali Dibuka

“Saat ini kami sedang mengkaji standar operasional bersama TNI/Polri,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq. 

Persiapan yang tengah dikaji itu, yakni pengunjung harus menggunakan masker saat masuk di Alun-Alun Kota Batu. Lalu dengan menyediakan tempat cuci tangan disertai sabun cair. 

Kemudian physical distancing dengan tempat duduk berjarak. Juga memberikan imbuan agar tidak berkerumun atau bergerombol saat di sana. 

“Kami ingin yang masuk di Alun-Alun Kota Batu ini ada standarnya, tetapi yang mudah dipahami oleh pengunjung nantinya,” imbuhnya.

Selain itu juga memperhatikan kawasan bermain anak atau playground, terlebih di sana menjadi salah satu jujukan favorit bagi pengunjung yang membawa anak. Yang nantinya area playground harus dibatasi 10 anak untuk bermain, dengan waktu 25 menit.

Baca Juga : Usai Diterjang Rob, Objek Wisata Balekambang Kembali Dibuka

“Kalau diterapkan sistem yang demikian, sehingga mengantisipasi adanya kerumunan. Pada intinya kami ingin nanti kalau dibuka itu aman dan terkendali,” tambah warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu ini.