Salah satu pengunjung saat berwisata ke Pantai Balekambang sebelum adanya pandemi covid-19 (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Salah satu pengunjung saat berwisata ke Pantai Balekambang sebelum adanya pandemi covid-19 (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setelah sempat mati suri karena adanya pandemi covid-19, destinasi wisata di Kabupaten Malang kembali dibuka.

Beberapa destinasi wisata alam yang dibuka tersebut, di antaranya adalah Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep. ”Yang sudah masuk data kami baru Balekambang sama Ngliyep (Objek wisata yang kembali buka),” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara.

Baca Juga : Transisi New Normal, 325 Vila Songgoriti Mulai Buka dengan Protokol Kesehatan

Kembali dibukanya objek wisata yang sempat mati suri karena pandemi tersebut, dijelaskan Made, juga telah mendapatkan persetujuan dan kesepakatan dari para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Malang.

”Jadi kemarin kami sudah ketemu dengan mereka di kantor, kami sudah sampaikan ke mereka (pengelola Balekambang dan Ngliyep) tentang prosedur yang harus terpenuhi. Hasilnya mereka sudah siap melaksanakan SOP-nya (Standar Operasional Prosedur),” tegas Made.

SOP yang sudah disepakati oleh pelaku wisata dan Pemkab Malang itu, membahas beberapa aspek kesiapan sebelum objek wisata kembali dibuka pascapandemi covid 19.

Yakni ketetapan protokol kesehatan, yang meliputi penyediaan tempat cuci tangan, fasilitas untuk woro-woro kepada pengunjung agar selalu mengenakan masker, menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, serta penerapan physical distancing.

Selain itu, dalam SOP yang ditentukan itu, juga menuntut pengelola destinasi wisata untuk menyediakan mobil kesehatan atau ambulans. Sedangkan di sisi perizinan, dua destinasi wisata yang siap dibuka tersebut juga sudah mengantongi izin dari pimpinan Satgas New Normal Life. Yaitu unsur TNI dan Polri.

”Jadi kemarin saya minta kepada Dirut PD Jasa Yasa untuk kordinasi dengan Camat, Danramil dan Kapolsek setempat. Tujuannya untuk perizinan kembali dibukanya objek wisata. Karena tetap konfirmasinya kan ada di tim Satgas, dan mereka (TNI dan Polri) yang nantinya juga akan terlibat dalam melakukan pengecekan di lapangan,” ucap Made saat dikonfirmasi media online ini, Jumat (5/6/2020).

Sebagai informasi, pada akhir bulan Mei 2020 lalu, pantai di Malang Selatan termasuk Pantai Balekambang juga sempat mengalami musibah air rob. Dampaknya, beberapa fasilitas umum di tempat wisata maupun pemukiman warga dikabarkan mengalami kerusakan.

Baca Juga : Disparbud Kabupaten Malang Gagas Penjualan Tiket Online Sambut Rencana Pembukaan Lokasi Wisata

Perlahan, salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Malang tersebut berbenah. Terpantau, meski sempat terjadi musibah bencana air rob dan ditutup karena adanya pandemi corona. Kini, Pantai Balekambang dan Ngliyep sudah siap beroprasi kembali.

Made menambahkan, guna meminimalisir adanya klaster covid-19 di objek wisata. Nantinya setiap pengunjung yang mau berkunjung akan menjalani serangkaian test kesehatan.

”Saat di depan (sebelum masuk ke objek wisata) akan dicek menggunakan thermo gun. Harapannya masyarakat di sekitar juga turut menyampaikan kepada wisatawan, jika ada pengunjung yang tidak fit diminta agar tidak datang ke Pantai Balekambang,” pungkasnya.